Seputar Masalah Kolesterol yang Wajib Anda Tahu

Ilustrasi cek kolesterol---sumber foto hellosehat.com

Acuantoday.com— Sebagian orang memandang buruk soal kolesterol. Padahal itu adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Hanya saja, yang harus dijaga adalah kadarnya. Jika terlalu tinggi maka itu akan menjadi buruk karena kolesterol menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah, yang ‘ujung-ujungnya’ mengganggu kesehatan seperti serangan jantung ataupun stroke.

Kadar kolesterol Anda termasuk kolesterol “jahat” (LDL) dan “baik” (HDL), dan trigliserida, lemak umum di tubuh Anda. Jika Anda memahami kadar kolesterol Anda dan apa yang dapat memengaruhinya, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengaturnya.

Berikut ini paparan WebMD tentang beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kolesterol Anda berada di kisaran normal:

Rutin Cek Kadar Kolesterol

Jumlah kolesterol yang tidak sehat biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun, jadi penting untuk memeriksanya. Jika Anda menemukan ada masalah, Anda bisa segera mengatur pola makan, perubahan gaya hidup, dan pengobatan dapat membantu.

Olahraga

Olahraga teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol kolesterol Anda. Anda tidak harus lari maraton – 40 menit berjalan kaki, berenang, bersepeda, atau menari 3 atau 4 kali seminggu sudah cukup. Jika Anda kekurangan waktu, Anda dapat membaginya menjadi 10 menit  setiap sesi sepanjang hari. Latihan ketahanan – push up, pullup, angkat beban – juga dapat membantu.

Jangan Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama bisa dikaitkan dengan obesitas, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Ini menurunkan kolesterol “baik”, yang membantu menyingkirkan hal-hal buruk, dan meningkatkan kadar trigliserida. Jika Anda bekerja di meja, cobalah untuk bangun dan bergerak setiap 30 menit, atau pikirkan untuk menggunakan meja berdiri.

Jangan Merokok

Ini menurunkan kadar kolesterol “baik” Anda, yang berarti Anda menyimpan lebih banyak hal-hal buruk. Dan itu terkait dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung. Berhenti  merokok dapat membuat kadar kolesterol Anda lebih baik dan membantu melindungi arteri Anda. Jika Anda tidak merokok, lakukan yang terbaik untuk menghindari asap rokok orang lain.

Perhatikan Berat Badan Anda

Memiliki berat badan terlalu banyak, terutama di sekitar perut Anda, dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan jenis baik (HDL). Turunkan 10% dari berat badan Anda, itu bisa membantu. Bicaralah dengan dokter Anda tentang program diet dan olahraga terbaik untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Kurangi Makan yang Mengandung Lemak Jenuh

Ini berasal dari daging sapi, babi, domba, dan produk susu berlemak penuh seperti mentega, krim, susu, keju, dan yogurt, serta minyak tropis seperti kelapa sawit dan kelapa. Semua hal itu dapat meningkatkan LDL Anda, atau kolesterol “jahat”. Ini dapat membantu memangkas lemak yang terlihat dari daging dan menggunakan susu skim dan yogurt rendah lemak. Jika LDL Anda tinggi, Anda tidak boleh mendapatkan lebih dari 6% kalori Anda dari lemak jenuh.

Kurangi Makanan Mengandung Lemak Trans

Anda menemukannya dalam makanan yang digoreng, kue kering, adonan pizza, donat, muffin, kue, biskuit, dan banyak makanan kemasan. Itu meningkatkan kadar kolesterol jahat Anda dan menurunkan hal-hal baik. Periksa label makanan untuk membatasi lemak trans. Makan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu rendah lemak, unggas, ikan, dan kacang-kacangan.

Konsumsi Lemak tak Jenuh Ganda dan Tunggal

Tidak semuanya buruk. Ganti lemak jenuh dan lemak trans dengan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang lebih sehat. Anda akan menemukan lemak tersebut dalam ikan trout, salmon, herring, alpukat, zaitun, kenari, dan minyak nabati cair seperti safflower, kanola, bunga matahari, dan minyak zaitun. Tetapi pastikan tidak lebih dari 30% kalori harian Anda berasal dari jenis lemak apa pun.

Jangan Lupakan Makanan Berserat

Ada 2 jenis: yang larut dalam air, dan tidak larut. Keduanya baik untuk kesehatan jantung Anda, tetapi serat larut khususnya membantu menurunkan kadar LDL Anda. Tambahkan ke makanan Anda dengan semangkuk oatmeal di pagi hari atau dengan dedak oat, buah-buahan, kacang-kacangan, lentil, atau sayuran.

Jangan Konsumsi Alkohol Terlalu Banyak

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan angka kolesterol yang tidak sehat. Secara khusus, ini dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah Anda. Pria seharusnya minum tidak lebih dari dua gelas per hari, dan wanita satu. Jika Anda terus melakukannya, Anda juga dapat meningkatkan HDL atau angka kolesterol “baik”.

Anda Mengabaikan Kondisi Lain

Penting untuk memahami dan menangani masalah medis apa pun yang terkait dengan angka kolesterol jahat seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit ginjal, penyakit hati, dan hipotiroidisme. Jika Anda memiliki salah satu dari kondisi tersebut dan mengelolanya dengan baik, Anda dapat membantu kadar kolesterol Anda juga.

Rutin Minum Obat

Ikuti arahan dokter Anda tentang resep apa pun. Jika Anda lupa minum obat Anda, jangan mencoba untuk “mengimbangi” dosis dengan meminum lebih banyak di lain waktu. Ini mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya, atau mungkin membuat Anda pusing atau mual. Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang obat apa pun yang sudah Anda minum. Beberapa obat dapat menyebabkan masalah jika diminum bersamaan dengan obat lain.***dian

Comments

comments