Serahkan Bantuan ke RS Muhammadiyah Gombong, Terawan Ingatkan Pentingnya Penerapan Prokes

Acuantoday.com, Kebumen – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto kembali mengajak masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penularan COVID 19.

Sebab, kata Terawan, hanya dengan pelaksanan prokes secara ketat dan disiplin,  rantai penyebaran COVID -19 bisa diputus.

“Sampai hari ini masih banyak ditemukan kasus baru COVID -19.  Artinya kita semua harus lebih disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya seusai menyerahkan bantuan  peralatan  penanganan COVID 19 ke RS PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (3/11).

Menteri Terawan menegaskan, penanganan pasien di rumah sakit adalah upaya di sektor hilir. Yang lebih penting, menurut dia, pencegahan di tingkat hulu yakni menyetop penularan virus corona dengan melaksanakan protokol kesehatan.

“Jadi kalau kita semua patuh melaksanakan protkol kesehatan, maka beban di hilir, di rumah sakit, menjadi ringan,” ujarnya.

Terkait peningkatan kapasitas penanganan pasien COVID-19, Menteri Terawan menyerahkan bantuan ke RS PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen dan ke  Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen.

Batuan untuk RS PKU Muhammadiyah berupa 1 unit ventilator (IPB), 1 unit ventilator ICU, 500 buah Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, 1000 buah masker media, 5000 buah masker N95 dan 10 000 masker KF 94.

Sedangkan bantuan untuk Pemda Kebumen berupa 4 unit ventilator ICU,  324  buah Alat Pelindung Diri (APD) 5000 buah  masker N95 dan 10 000 masker KF 94.

“Semoga penanganan pasien COVID -19 menjadi lebih baik,” ujar Terawan yang didampingi Tenaga Ahli Menkes, Andi dan Iwan Trihapsoro.

Sebelum menyerahkan bantuan, Menteri Terawan bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengiringi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Effendy meresmikan Gedung Isolasi COVID-19 Terpadu Al Mu’min, di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong.

Terawan menuturkan, dengan diresmikannya gedung isolasi itu maka penanganan pasien COVID-19 di Kabupaten Kebumen akan lebih maksimal. (Teguh)

Comments

comments