Sering Alami Jantung Berdebar Tiba-tiba, Hati-hatilah!

Ilustrasi jantung berdebar--sumber foto healthcare.utah.edu

Acuantoday.com— Pernahkah Anda merasa pada suatu ketika, tanpa sebab yang jelas, jantung Anda berdebar kencang? Pasti kaget dan cemas. Meskipun ini merupakan situasi yang umum, namun hati-hatilah, karena bisa saja itu merupakan pertanda gejala penyakit yang serius.

Mengutip healthcare.utah.edu, setiap orang pasti pernah merasakan tiba-tiba jantungnya berdebar kencang.  Stres, olahraga, atau bahkan terlalu banyak alkohol atau kafein dapat menyebabkan jantung Anda berdetak lebih cepat dari biasanya. Namun demikian, jika Anda sering mengalami hal ini, sebaiknya segera ke dokter.

Meskipun sebagian besar detak jantung yang berdebar kencang disebabkan oleh situasi umum (seperti stres atau demam), beberapa detak jantung tidak teratur disebabkan oleh kondisi jantung yang serius seperti fibrilasi atrium (atrial fibrillation). Orang yang memiliki kondisi tersebut membutuhkan pemantauan dan pengobatan dari ahli jantung (dokter jantung).

Jantung normal berdetak 60—100 kali setiap menit. Saat jantung Anda berdetak lebih dari 100 kali setiap menit, itu dianggap tinggi (disebut takikardia dalam dunia medis). Detak jantung cepat bisa berlangsung beberapa detik hingga berjam-jam.

Tidak semua kasus detak jantung yang berdebar kencang berbahaya. Banyak situasi sehari-hari yang tidak berhubungan dengan masalah jantung dapat menyebabkan jantung Anda berdebar kencang.

Ini dapat mencakup yang berikut; latihan berat, stres, ketakutan, kecemasan, atau serangan panik, gula darah rendah atau tekanan darah rendah, demam, anemia, dan dehidrasi, kehamilan atau menstruasi, terlalu banyak alkohol, kafein, atau nikotin, obat-obatan terlarang seperti ekstasi, metamfetamin, atau kokain.

Jika Anda merasa  jantung Anda berdetak lebih cepat dari biasanya, coba selidiki terlebih dahulu; Apakah Anda sedang stres? Apakah Anda mengonsumsi lebih banyak kafein dari biasanya? Apakah gula darah Anda rendah?

Anda juga dapat mencoba mencatat gejala yang Anda alami di buku harian dan menuliskan apa yang Anda lakukan sebelum mulai menyadari bahwa jantung berdetak kencang. Mencatat saat detak jantung Anda berdekat kencang dapat membantu dokter menentukan penyebabnya dengan lebih baik.

Jika Anda menyadari bahwa jantung berdegup kencang dan Anda tidak sedang berolahraga atau stres (misalnya), Anda harus segera ke dokter.

Untuk diketahui, terkadang detak jantung yang cepat atau tidak teratur bisa menjadi tanda kondisi jantung yang serius. Kondisi ini meliputi: gagal jantung, serangan jantung masa lalu, penyakit arteri koroner (CAD), masalah dengan katup atau otot jantung Anda, fibrilasi atrium.***dian

 

Comments

comments