Sikat Mafia Tanah, Kapolda Metro Gandeng BPN

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta―Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran bersama Direktur Jenderal Penanganan Sengketa dan Konflik Tanah Kementerian ATR/BPN, Raden Bagus Agus Widjayanto melakukan rapat koordinasi membahas teknis penyidikan kasus konflik kepemilikan lahan.

Rapat itu dilakukan untuk memberantas banyaknya mafia tanah.

“Kami melaksanakan rakor teknis sidik untuk menghadapi kasus-kasus terkait mafia tanah. Tujuannya membangun koordinasi, memperkuat kolaborasi dalam rangka memberantas mafia tanah,” kata Fadil di Jakarta, Rabu (3/3).

Sedangkan Raden Bagus Agus Widjayanto menjelaskan, kerja sama antara Kementerian ATR/BPN dan Kepolisian dapat membantu menyelesaikan sengketa kepemilikan, sebab kebanyakan konflik disebabkan adanya otak kriminal yang kerjaannya memalsukan data.

“Maka itu, kita bekerjasama dengan Polri, polda dan hasilnya menjadi dasar bagi kita untuk melakukan koreksi terhadap sertifikat yang sudah diterbitkan,” jelas Agus.

Kerja sama tersebut menindaklanjuti ramainya kasus soal mafia tanah, setelah beberapa waktu lalu, mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal, mengeluh rumah dan tanah ibunya jadi korban sindikat mafia tanah. (mmu)

Comments

comments