Siti Fadilah: Sukses Vaksin Nusantara Ada di Pundak Presiden Jokowi

Mantan Menteri Kesehatan RI, Siti Fadilah Supari. (Foto : Youtube)

Acuantoday.com, Jakarta- Mantan Menteri Kesehatan RI, Siti Fadilah Supari bersama presenter Rina Rose membahas habis tentang vaksin Nusantara berikut penelitinya dokter Terawan Agus Putranto yang juga mantan Menteri Kesehatan RI di Youtube Siti Fadilah Supari Channel.

Bincang-bincang yang diunggah pada Senin (22/3/2021) itu mengambil tema “Ada Apa BPOM Menolak Vaksin Nusantara?”.

Obrolan diawali pertanyaan Rian Rose yang mempertanyakan adanya perbedaan sikap antara Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang cenderung menolak kehadiran vaksin Nusantara sebagai vaksin produk dalam negeri dengan sikap Presiden Joko Widodo yang justru mendorong lahirnya inovasi dan produk anak bangsa termasuk hadirnya vaksin Nusantara dan vaksin Merah Putih.

“Setelah Badan POM menolak, justru Pak Jokowi mendukung. Dukungan Pak Jokowi ini tidak main-main. Saya mengartikan dukungan Pak Jokowi ini karena vaksin Nusantara ini mewakili produk nasional. Jadi ya.. mbok didukung. Menurut saya dukungan Pak Jokowi sangat tinggi,” ujar Siti Fadilah.

Untuk itu, Siti Fadilah menyarankan BPOM terbuka tentang apa yang selama ini menjadi keberatan lembaga tersebut menerbitkan izin penggunaan vaksin Nusantara di tanah air.

“Tolong betulin! Kalau yang kurang metodeloginya tolong betulin metodeloginya. Kalau yang kurang kerangka teoritisnya, ayo kita sama-sama bagaimana membetulkan kerangka teoritisnya itu. Kalau bahannya membutuhkan bahan dari Indonesia, ayo pakai bahan dari Indonesia. Semua pasti ada solusinya,” tegas Siti Fadilah.

Secara khusus, Siti Fadilah mengapresiasi semangat nasionalisme yang ditunjukkan Presiden Jokowi yang benar-benar ingin menjadikan setiap inovasi, temuan dan hasil karya anak bangsa sebagai suatu yang harus diperjuangkan.

“Nah, sekarang Pak Jokowi menyatakan mendukung. Alhamdulillah Pak Jokowi akan mndukung bahwa vaksin (Nusantara) itu harus jadi. Begitulah Pak Jokowi, masyarakat itu betul-betul mengharapkan bapak agar vaksin itu menjadi suatu tindakan yang jelas dan menjadikan vaksin itu betul-betul bisa dinimkati masyarakat Indonesia,” tegasnya.

Seperti juga dirinya, Siti Fadilah mengatakan ada harapan besar dari masyarakat Indonesia kepada Presiden Jokowi untuk bisa lebih greget lagi dalam bertindak. Masyarakat di tanah air, sebut Siti Fadilah, saat menunggu tindakan konkrit Presiden Jokowi agar vaksin Nusantara bisa secepatnya sukses menjadi vaksin yang bisa digunakan untuk masyarakat Indonesia.

“Harapan besar ada di pundak Pak Jokowi untuk bisa vaksin ini agar betul-betul sukses. Dan masyarakat sekarang harus tengah, sabar dan tenang menunggu Pak Jokowi. Bagaimana Pak Jokowi menyelesaikan persoalan di dalam vaksin Nusantara ini,” tegasnya.

Karena vaksin Nusantara ini, bukan hanya menjadi vaksin yang akan membuat terwujudnya kesehatan dan kekebalan tubuh masyarakat Indonesia tetapi juga membangkitkan rasa nasionalisme dan kemandirian bangsa yang dinilai Siti Fadilah sudah lama hilang.

“Saya rasa Pak jokowi merasakan itu, mudahan-mudahan vaksin Nusantara akan menjadi kenyataan. Masih akan ada sidang-sidang lagi yang akan mendukung vaksin Nusantara,” yakin Siti Fadilah.(har)

Comments

comments