Soal Larangan Mudik, DPR Minta Pemerintah Tegas

Kendaraan pemudik Natal 2020 melintas menuju gerbang Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (24/12/2020). /Foto: Antara/Dedhez Anggara/rwa/pri.

Acuantoday.com, Jakarta—Anggota Komisi V DPR RI Lasmi Indaryani mengapresiasi keputusan Pemerintah melarang mudik lebaran.

Pasalnya, keputusan tersebut bisa menekan menyebaran dan memutus klaster baru Covid-19.

“Saya apresiasi keputusan pemerintah yang melarang mudik lebaran. Karena dengan keputusan tersebut, minimal kita bisa menghambat rantai penyebaran virus Corona,” kata Lasmi Indaryani dalam keterangan persnya, Sabtu (27/3).

Menurut Indaryani, Pemerintah harus membuat satu regulasi yang jelas terkait larangan mudik lebaran 2021, agar kejadian-kejadian saat mudik tahun 2020 tidak terjadi di tahun ini.

“Agar masyarakat patuh. Maka pemerintah harus membuat regulasi yang jelas dan menerapkan-nya secara tegas dan konsisten,” ucapnya.

Politisi Partai Demokrat ini melanjutkan, dalam pelarangan mudik lebaran 2021 ini Pemerintah harus satu suara, agar masyarakat tidak bingung dengan kebijakan yang dikeluarkan, terkhusus soal larangan mudik. “Semua jajaran juga harus satu bahasa dan tindakan,” pintanya.

“Jadi menurut saya, kunci keberhasilan larangan mudik adalah regulasi yang jelas dan tegas serta penerapan di lapangan yang konsisten dan adil,” jelasnya.

Diketahui, Menteri Koordinator PMK Muhadjir Efendy memutuskan untuk meniadakan kegiatan mudik Lebaran 2021. Keputusan tersebut diambil karena masih tingginya kasus Covid-19 dan angka kematian akibat Covid-19. (rht)

Comments

comments