Solusi Vertigo Kambuh dan Terapi Tepat

Apa dan Mengapa Sakit Vertigo?

Sakit nyeri di kepala disertai pusing merupakan gejala yang sering dijumpai orang yang mengalami sakit vertigo.

Bagi penderitanya, serangan vertigo menyebabkan penderita kesulitan berdiri dan bergerak karena sakit kepala luar biasa hingga dunia tampak berputar, bahkan seringkali disertai rasa mual dan muntah.

“Penyebab vertigo bisa dari gangguan syaraf, penyakit dalam serta telinga, hidung, tenggorokan (THT),” ucap Dr. Entjep Hadjar, Sp. THT-KL seperti dilansir antaranews.

Stress atau tekanan psikologis pada pikiran karena banyaknya masalah atau beban kerja yang terlalu berat dan terjadi dalam rentang waktu cukup lama sehingga membebani kinerja otak Anda disebut-sebut menjadi faktor penyebab utama.

Beberapa faktor lainnya, sebut Dr. Entjep antara lain karena serangan migren, radang pada leher, mabuk kendaraan, infeksi bakteri pada alat pendengaran dan kekurangan asupan oksigen ke otak. Kelainan pada pendengaran juga dijumpai pada sejumlah kasus termasuk pula kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Ini terjadi karena gangguan di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak maupun di dalam otaknya sendiri,” bebernya.

Secara garis besar, banyak analisa dan kesimpulan dokter bahwa penyebab umum dari vertigo adalah keadaan lingkungan, obat-obatan, kelainan sirkulasi, gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak.

Solusi Atasi Vertigo

Serangan vertigo biasanya datang secara tiba-tiba. Bila mengalami vertigo, hal pertama yang perlukan dilakukan adalah mencari tempat yang tidak terlalu terang atau matikan lampu untuk beristirahat sejenak.

Ruangan gelap untuk berbaring penting bagi penderita untuk mengembalikan tubuh pada kondisi normal.

Stres bisa membuat gejala vertigo bisa makin memburuk. Penggunaan obat sesuai anjuran dokter dianggap cara ampuh untuk meredakan dan menghilangkan rasa nyeri dan pusing di bagian kepala Anda.

BPPV (benign paroxysmal positional vertigo) atau vertigo BPPV adalah salah satu penyebab vertigo yang umum terjadi.
Hal ini terjadi karena kesalahan pada gerakan tertentu pada kepala, ketika tubuh berdiri atau membungkuk, atau pun berputar di tempat tidur.

Pada kasus vertigo BBPV, Anda disarankan untuk melakukan manuver Epley atau prosedur reposisi canalith. Gerakan ini bertujuan untuk mengatur ulang organ keseimbangan dalam telinga sehingga dapat mengurangi gejala yang muncul saat vertigo kambuh.

Solusi Tepat Atasi Vertigo

Penyakit Vertigo dapat disembuhkan dengan melakukan terapi yang tepat yaitu dengan terapi rehabilitasi vestibular (vestibular rehabilitation therapy/VRT) yaitu terapi fisik.

Penderita Vertigo disarankan menjalani latihan dengan melatih keseimbangan meliputi gerakan kepala, gerakan mata, dan berjalan.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu memperkuat sistem vestibular dengan cara melatih setiap indera. Kesembuhan dari terapi ini diharapkan terjadi koordinasi dan keseimbangan dalam mengirimkan sinyal ke otak untuk bisa mengontrol gerakan kepala dan tubuh dengan gravitasi.

Metode terapi VRT, menurut dr. Sulaiman Ahmad Azmi Kautsar, Sp.S dapat dilakukan dengan melakukan latihan dan teknik tertent secara teratur.

Keberhasilan terapi ini bergantung pada kondisi pasien meliputi usia, fungsi kognitif (memori, kemampuan mengikuti pentunjuk), kemampuan koordinasi dan gerak, dan kesehatan pasien secara keseluruhan (termasuk sistem saraf pusat), serta kekuatan fisik pasien bersangkutan.

Dalam beberapa kasus serius, tindakan pembedahan dan operasi dilakukan bagi penderita vertigo. Umumnya, tindakan operasi dilakukan pada penderita vertigo yang disebabkan karena tumor, cedera otak, atau cedera leher.(berbagai sumber/har)

Comments

comments