‘Spaghetti Brulee’ sedang Viral, Ini Resep Chef Yuda

Spaghetti Brulee’ kreasi Chef Yuda Bustara---foto youtube shopeeindonesia

Acuantoday.com— Kali ini Chef Yuda Bustara membagikan resep membuat ‘Spaghetti Brulee’. Mungkin sebagian pencinta kuliner sudah bisa membuat kuliner Italia ini, namun ditangan Chef Yuda, pasti hasilnya berbeda.

Mau coba?

Yuk ikutin resepnya di akun Youtube Shopee Indonesia, sekaligus melihat Chef Yuda mendemonstrasikan cara membuatnya.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah Saus Bolognese, Saus Bechamel atau Saus Putih, dan Spaghetti.

Yang pertama kita membuat ‘Saus Bolognese’, berikut bahan-bahannya:

-1 Wortel

-1 Seledri

-1 Bawang bombay

– 2 sdm mentega tawar

-500 ml saus tomat

-500 gram daging cincang

-Untuk menambah aromatic kita bisa menggunakan daun oregano

Chef Yuda Bustara sedang menikmati ‘Spaghetti Brulee’ buatannya—foto youtube shopeeindonesia

Cara Membuat ‘Saus Bolognese’:

Tumis mentega, masukin bawang Bombay yg sdh dipotong atau diparut, trus batang seledri untuk aromatic, wortel yang sudah dipotong halus, kalau sudah halus kita bisa masukkan daging cincangnya. “Saya menggunakan daging yang sudah dicincang halus,” ujar Chef Yuda.

Tips: “Kalau kalian mau  sausnya lebih juicy dan dagingnya tidak keras, cari daging yang berlemak,” ucapnya.

Nah, kalau dagingnya sudah matang warnanya sudah berubah kecoklatan atau abu abu, kita masukkan 500 ml saus tomat, tambahkan daun oregano, garam dan merica.

Semuanya kita aduk hingga menyatu, lalu kita masak dengan api kecil kira-kira 30 menit, semakin lama semakin baik. Kira-kira 30 menit kemudian sausnya sudah mengental karena saus bolognese yang original itu dia harus lembut dan dagingnya hancur.

‘Spaghetti Brulee’

‘Saus Bechamel’

Bahan-bahan yang digunakan:

-55 gram mentega tawar

-30 gram tepung terigu

-kaldu ayam bubuk

-pala bubuk (jika tidk suka pala bisa tidak digunakan)

-500 ml susu segar

“Saya tambahkan keju mozzarella yang sudah diparut,” ucap Chef Yuda.

Cara membuat:

Pertama masukkan menteganya, kemudian masukkan 30 gram tepung terigu kita masak kira-kira 2 menit

Jika aromanya sudah harum banget seperti tepung yang terpanggang, kita masukkan susunya. “Di sini saya pakai susu fresh. Masukkan pelan-pelan sambil diaduk. Kalau sudah kental dan lembut tidak ada gumpalan lagi, kita kasih rasa. Di sini saya tambahkan bubuk kaldu ayam sedikit saja jangan banyak-banyak, tambahkan juga sedikit bubuk pal ajika suka,” jelasnya.

Tambahkan merica sedikit, aduk tapi apinya dimatikan, kemudian ditambahkan keju mozzarella, boleh juga pakai keju yang lain.

Setelah dua saus dibuat, maka kini giliran membuat pasta. Rebus pasta kira-kira 5-7 menit, biasanya dikemasan ada instruksinya, ikuti sesuai instruksi.

Setelah tiga komponen siap, maka pertama kita masukkan saos bolognese ke pasta, kita campur sampai rata. Setelah itu kita tutup di atasnya dengan saus bechamel sampai rata. Setelah itu panggang 5-7 menit. Nanti warnanya akan berubah menjadi coklat kehitaman. Siap disantap.

Biasanya, ujar Chef Yuda, dirinya  lebih suka menikmati ‘Spaghetti Brulee’ bersama Chilli Oil, jadi ada creamy dan pedasnya. Tapi Anda bisa menikmatinya dengan saos tomat dan saos sambal, enak juga! ***dian

 

Comments

comments