― Advertisement ―

HomeSportsAnindya Bakrie dan Erick Thohir Tersenyum, Oxford United Berhasil Genggam Tiket Promosi...

Anindya Bakrie dan Erick Thohir Tersenyum, Oxford United Berhasil Genggam Tiket Promosi ke Championship

Oxford United, klub sepak bola milik pengusaha asal Indonesia Anindya Bakrie resmi promosi ke Championship musim 2024/2025 usai menang 2-0 atas Bolton Wanderers pada Sabtu (18/5).

Oxford United memenangkan pertandingan melawan Bolton Wanderers pada laga playoff League One di Wembley Stadium, London.

Susunan Pemain

Bolton Wanderers: Nathan Baxter, Gethin Jones, Ricardo Santos, Eoin Toal, Josh Sheehan, Josh Dacres-Cogley, Paris Maghoma, George Thomason, Nathanel Ogbeta, Dion Charles, Aaron Collins.

Oxford United: Jamie Cumming, Joe Bennett, Ciaron Brown, Elliott Moore, Sam Long, Cameron Brannagan, Josh Murphy, Tyler Goodhram, Ruben Rodrigues, Owen Dale, Mark Harris.

Pada musim reguler, Oxford United berada di posisi ke-5 klasemen akhir League One dengan meraih 77 poin dari 46 laga yang dimainkan yaitu 22 kali menang, 11 kali imbang, dan 13 kali kalah.

Kemenangan Oxford United dalam pertandingan itu dicetak dua gol oleh Josh Murpy pada menit ke-31 dan 42.

Di awal pertandingan, Oxford United sudah langsung mengambil langkah penyerangan yang dimotori oleh Cameron Brannagan, tim asuhan Des Buckingham dan beberapa kali mendapatkan peluang.

Pada menit ke-31 Oxford united unggul atas Bolton melalui tendangan ke sisi kanan Josh Murpy dan “Goal!”. Cetekannya berawal dari umpan silang Ruben Rodrigues di sisi kiri yang dituntaskan dengan baik dan diakhir dengan tembakan.

Oxford United memperlihatkan keunggulan dengan mencetak skror 2-0 menjelang babak pertama berakhir yaitu di menit ke-42.

Josh Murpy mencetak gol keduanya dalam laga tersebut. Lagi-lagi cetakan tersebut karena assist Ruben Rodrigues. Josh Murpy menjebol gawang lawan lewat sudut sempit.

Hingga babak pertama berakhir, Oxford United berhasil mengungguli Bolton dengan skor 2-0.

Waktu break selesai, Bolton pun mencoba untuk memperkecil ketertinggalan,amun ternyata rapatnya ini pertahanan Oxford United cukup sulit itembus oleh Bolton.

Pada menit ke-57, Murpy hampir saja mencetak hattrick, sudah melewati bek Bolton yaitu Gethin Jones, sayangnya tendangan kaki kanannya masih menyamping.

Di sisa pertandingan, Bolton terus meluncurkan serangan ke area pertahanan Oxford, namun lagi-lagi pertahanan Oxford united yang cukup kuat sulit untuk mencetak gol bagi Bolton.

Laga pertandingan pun berakhir dan tercatat skor 2-0 untuk keunggulan Oxford United. Hal ini yang membuat Oxford United dipastikan akan bermain di Championship musim depan.

Keberhasilannya pada laga ini, merupakan kali pertama bagi Oxford United u=bermain di divisi kedua Liga Inggris setelah pertandingan terakhir pada tahun 1999.

Keberhasilan Oxford United semakin spesial karena mereka menjadi tim ketiga yang promosi ke Divisi Championship setelah Portsmouth dan Derby County yang sudah berada di tempat otomatis sebagai juara dan runner-up klasemen reguler League One 2023/2024.

Penantian panjang selama 25 tahun akhirnya terwujud untuk bisa naik ke divisi Championship. Hal tersebut juga tak lepas dari peran besar Anindya Bakrie dan Erick Thohir selaku pemilik Klub Oxford United sejak tahun 2018, bersama Pengusaha asal Thailand Sumrith “Tiger” Thanakarnjanasuth dan Pengusaha Vietnam, Horst Geicke.

“Oxford United telah melakukannya an untuk pertama kalinya dalam 25 tahun mereka berhasil mencapai Championship”, dikutip dari laman resmi Oxford United Club pada Minggu (19/5).

Keterlibatan Anindya Bakrie dan Erick Thohir dengan Oxford United memang bukan hal yang baru. Sejak tahun 2022, Anindya Bakrie dan Erick Thohir mengusai 51 persen saham Oxford.

Tak hanya di dunia sepak bola, Anindya Bakrie juga bekerja sama dengan Oxford University dalam penelitian life science.

Nama Oxford United pernah menjadi bahan perbincangan di Indonesia pada tahun 2021 dalam korsorsium Indonesia yang dipimpin oleh Erick Thohir saat membeli Klub tersebut.

Erick Thohir juga pernah berada dalam barisan manajemen Oxford United di tahun 2018 hingga 2019.

Oxford United sebagai pelengkap kisah sukses klub-klub Eropa yang dimiliki pengusaha Indonesia yang sebelumnya ada FC Dender milik Sihar Sitorus dan Como milik Hartono Bersaudara.