Stabilitas Keuangan Terjaga, Menkeu: Sinyal Pemulihan Ekonomi Membaik

Ilustrasi-Pembangunan sebuah proyek di Jakarta./Foto: Acuantoday.com (Ahmadi Supriyanto)

Acuantoday.com, Jakarta―Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan stabilitas sistem keuangan (SSK) pada triwulan ketiga tahun ini tetap siaga. Kondisi ini dapat menopang proses pemulihan ekonomi yang berangsur membaik.

“Indikator stabilitas sistem keuangan tetap berada pada kondisi normal di tengah masih tingginya ketidakpastian sebagai dampak dari pandemi Covid-19,” kata Menkeu awal pekan ini.

Ia menjelaskan, menghadapi ketidakpastian akibat Covid 19 tersebut, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) akan terus memperkuat sinerginya dalam mempercepat pemulihan ekonomi dan sekaligus menjaga stabilitas sistem keuangan.

Selanjut, ia mengatakan, aktivitas perekonomian global pada triwulan ketiga tahun 2020 telah menunjukkan adanya pemulihan sesudah mengalami tekanan yang sangat berat pada triwulan kedua tahun 2020.

Perkembangan tersebut sejalan dengan revisi proyeksi tahun 2020 untuk pertumbuhan ekonomi dunia oleh International Monetary Fund (IMF) di mana proyeksi pertumbuhan global untuk tahun 2020 tadinya minus 5,2 persen, yang merupakan proyeksi pada bulan Juni 2020,

“Sekarang direvisi menjadi minus 4,4 persen,” tegas Menkeu.

Menurut Menkeu, revisi proyeksi pertumbuhan global oleh IMF tersebut ditopang terutama oleh pemulihan aktivitas ekonomi di triwulan ketiga tahun 2020 di negara-negara maju, dan juga di Tiongkok, serta mobilitas global yang kembali meningkat sesudah mulai dilaksanakannya kelonggaran pembatasan sosial. (ahm)

Comments

comments