Stafsus Milenial Presiden Petakan Potensi UMKM Kalteng

Staf Khusus Milenial Presiden Gracia Billy Yosaphat Membrasar./Foto : antara

Acuantoday.com, Palangka Raya- Potensi produk usaha mikro kecil mikro dan menengah (UMKM) di Kalimantan Tengah dinilai sangat besar dalam menunjang laju perekonomian di provinsi tersebut.

Untuk itu, Staf Khusus Milenial Presiden, Gracia Billy Yosaphat Membrasar berupaya memetakan potensi tersebut dengan berkunjung ke Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Kalimantan Tengah.

“Berbagai produk milik UMKM di Kalimantan Tengah begitu luar biasa dan berpotensi menembus pasar internasional,” katanya di sela kunjungan tersebut di Palangka Raya, Rab (30/9).

Untuk itu, ia berjanji akan menyampaikannya kepada Kementerian Koperasi dan UKM, guna mendukung pengembangan dan pemasaran berbagai produk potensial yang dimiliki Kalteng.

Dalam kunjungan ke PLUT itu, ia melihat berbagai produk UMKM di Kalteng, di antaranya berbagai kerajinan dan produk buatan asli masyarakat, mulai dari kerajinan rotan, obat-obatan tradisional serta lainnya.

“Salah satu yang menonjol adalah obat-obatan tradisional asli Kalimantan Tengah yang selama ini sudah cukup dikenal masyarakat secara luas,” ungkapnya.

Gracia mendorong dioptimalkannya pemanfaatan perkembangan teknologi informasi di masa kini, agar berbagai produk UMKM tersebut bisa dipasarkan secara lebih luas oleh masyarakat dari berbagai penjuru daerah.

Pertemuan serta kunjungan itu menjadi sarana tukar pikiran dan pengalaman, sekaligus pembinaan terhadap pelaku usaha di Kalteng.

“Kedatangan saya mewakili pemerintah pusat yang ingin mempromosikan produk lokal yang ada disini sehingga bisa semakin berkembang dan diketahui banyak pihak,” tuturnya.

Ia pun meyakini produk-produk UMKM itu bisa semakin dikembangkan dan diperluas pemasarannya, jika para pelaku usaha mampu mengangkat cerita dari setiap produk, baik dalam hal pembuatannya hingga tempatnya berasal.

Kedatangannya ke PLUT didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalteng, Aty Mulyati. Selain ke PLUT, Staf Khusus Milenial Presiden itu juga melakukan pertemuan dengan pemerintah provinsi, dalam hal ini adalah Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy serta sejumlah kepala OPD.(ian)

Comments

comments