Suka Ngemil Setelah Makan Malam? Ini Cara Hilangkan Kebiasaan Itu

Ilustrasi ngemil--- sumber foto pritikin.com

Acuantoday.com— Sudah makan malam, tapi masih mencari-cari camilan di tengah malam. Anda tahu ini tidak baik bagi kesehatan, namun mengabaikannya. Bisa jadi ini karena kebiasaan, meskipun sebenarnya Anda tidak lapar. Sebaiknya Anda hentikan kebiasaan buruk ini karena bisa menyebabkan penambahan berat badan, ataupun masalah pencernaan. Dan juga, kebiasaan ini dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda, demikian menurut Mayo Clinic.

Dikutip dari livestrong, ada enam cara untuk menghentikan kebiasaan mengemil di malam hari setelah makan malam.

1.Kurangi Tingkat Stres Anda

Saat kita terus-menerus stres, tubuh kita melepaskan kortisol, hormon yang meningkatkan nafsu makan kita. Hal ini dapat menyebabkan makan berlebihan – seperti sesi makan siang larut malam – yang pada gilirannya dapat menyebabkan Anda menambah berat badan, menurut Harvard Health Publishing.

Cobalah metode pengurangan stres yang terbukti seperti yoga, meditasi, atau olahraga, atau temukan dukungan sosial melalui teman atau terapis.

2.Jalan-jalan

Jika kebosanan membawa Anda ingin ke lemari dapur setelah makan malam, segeralah keluar rumah dan berjalan-jalan. Ini bisa menghilangkan keinginan Anda untuk mencari camilan. Kalau memungkinkan bisa juga dengan berolahraga atau menghirup udara segar.

Berjalan juga dapat menurunkan tingkat stres Anda, menurut Mayo Clinic. Kegiatan itu secara keseluruhan bermanfaat, terutama jika itu berkontribusi pada ngemil malam hari Anda.

3.Makan Cukup Saat Makan Malam

Ada manfaat makan malam yang lebih ringan, terutama dalam hal mengatur berat badan Anda. Sebuah studi pada Februari 2020 di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan bahwa makan sebagian besar kalori di pagi hari dan lebih sedikit di malam hari menyebabkan pembakaran kalori yang lebih tinggi secara keseluruhan.

Tetapi semua ini tidak relevan jika Anda masih lapar setelah makan malam yang membuat Anda ngemil sepanjang malam. Pastikan Anda makan kenyang dan puas saat makan malam.

Ingatlah bahwa bukan hanya kuantitas makanan yang penting, tetapi kualitas makanan yang Anda makan. Prioritaskan protein pada makan malam Anda, karena protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan (dua lainnya adalah karbohidrat dan lemak), menurut The American Journal of Clinical Nutrition. Contoh makanan berprotein tinggi yang relatif rendah kalori antara lain kacang hitam, tempe, tuna, dada ayam, dan udang.

4.Pastikan Anda Cukup Tidur

Ketika kita tidak mendapatkan cukup tidur yang baik dan berkualitas, kesehatan kita terganggu. Salah satu efek langsungnya adalah pada nafsu makan kita.

Kurang tidur menyebabkan ghrelin – hormon yang merangsang rasa lapar – meningkat, sekaligus menurunkan kadar leptin, hormon yang meningkatkan rasa kenyang, menurut Harvard Health Publishing.

Yang memperburuk ini adalah temuan bahwa kurang tidur menyebabkan keinginan makanan yang kaya lemak dan karbohidrat, menurut studi Sleep pada Maret 2016.

5.Makan Cukup Sepanjang Hari

Sebaliknya, makan makanan yang seimbang. Usahakan untuk memasukkan karbohidrat sehat yang kaya serat (biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan) dan sumber protein tanpa lemak (ayam, telur, lentil, tahu) di setiap makanan dan kudapan.

6.Biarkan Diri Anda Makan, Tanpa Rasa Bersalah

Jika Anda merasa benar-benar lapar setelah makan malam, atau jika keinginan ngemil tidak kunjung hilang, biarkan diri Anda makan camilan tanpa rasa bersalah.

Tentukan apa yang benar-benar Anda inginkan dan makanlah. Tetapi tetap periksa porsinya. Ingatlah bahwa makan makanan dalam jumlah besar sebelum tidur dapat mengganggu tidur Anda dan menyebabkan masalah pencernaan.***dian

Comments

comments