Sulawesi Utara Diguncang Gempa 7,1 Magnitudo

Iustrasi - Gempa bumi. (Foto : Antara)

Acuantoday,com, Jakarta- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa bumi kembali mengguncang wilayah Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut) pada hari ini, Kamis (21/1/2021) pukul 19.23 WIB.

BMKG mencatat gempa berkekuatan magnitudo 7,1.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa memiliki parameter update dengan magnitudo 7,0. Episenter terletak pada koordinat 4,94 LU dan 127,44 BT tepatnya di laut pada jarak 132 km arah Timur Laut Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 119 km.

Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Filipina. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Guncangan dirasakan di daerah Melonguane, Tahuna, Ondong mencapai skala intensitas V-VI MMI (berpotensi merusak), Manado, Bitung III-IV MMI (guncangan seperti truk lewat-benda terpelanting), Galela , Gorontalo, Morotai, Halmahera Utara, Halmahera Barat II-III MMI (seperti truk lewat).

Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa yang tidak berpotensi tsunami itu. Hingga pukul 19.39 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

BMKG juga menyampaikan saat ini terjadi peningkatan aktivitas gempa bumi secara signifikan yang terjadi. Dari kurun waktu 1 Januari hingga 20 Januari 2021 tercatat total ada 52 kali gempa di Indonesia.(har)

Comments

comments