Sulit Tidur? Cobalah Gunakan Alat Bantu Ini

Ilustrasi penggunaan masker tidur (ANTARA/Shutterstock)

Acuantoday.com— Sebagian orang dapat tidur dengan mudahnya, dimana saja, kapan saja. Namun ada banyak orang yang memiliki masalah tidur atau sulit tidur, bahkan membutuhkan bantuan untuk bisa tidur nyenyak. Seperti misalnya, bantuan selimut, teh pemicu tidur, yoga juga penutup mata. Semua itu diusahakan orang agar bisa meraih kualitas tidur yang baik.

Tidur atau tidur berkualitas sangat penting bagi kesehatan. National Sleep Foundation menyebut, orang dewasa dan orang tua harus tidur setidaknya 7 hingga 9 jam per malam untuk membantu berbagai fungsi tubuh agar berfungsi dengan baik. Tidur sangatlah penting karena merupakan bentuk sinyal pada tubuh Anda untuk melepaskan hormon dan senyawa yang mengatur tingkat rasa lapar Anda.

Di antara beberapa alat bantu tidur adalah penggunaan masker tidur yang diyakini dapat meningkatkan kualitas tidur. Para dokter dan ahli masalah gangguan tidur atau somnolog  menyebutkan beberapa manfaat dari penggunaan masker tidur, seperti dilansir Boldsky, Senin.

1. Meningkatkan kualitas tidur
Studi menunjukkan bahwa, karena manusia diurnal (terjaga di siang hari dan tidur di malam hari), otak secara alami mengasosiasikan kegelapan dengan tidur dan otak cenderung memproduksi lebih banyak melatonin (hormon yang mengontrol tidur dan siklus bangun) ketika mereka merasakan ketiadaan cahaya – yang bisa Anda peroleh dengan mengenakan masker tidur.

Selain produksi melatonin yang meningkat, kondisi tidur yang gelap telah dikaitkan dengan lebih banyak tidur REM (rapid eye movement) atau tidur bermimpi dan kurang terjaga.

2. Membuat tertidur lebih cepat
Mengenakan masker tidur dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk berbaring di tempat tidur, karena suasana gelap total meningkatkan tingkat melatonin tubuh yang akan membuat Anda tidur lebih cepat daripada tidak memakai masker tidur. Selain itu, masker tidur mendorong Anda untuk kembali tidur dengan memblokir rangsangan lain (meminimalkan gangguan).

3. Meningkatkan kesehatan kulit
Beberapa masker tidur yang terbuat dari sutra atau serat ekstra lembut lainnya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Artinya, saat Anda tidur tanpa masker, bersentuhan dengan bantal bisa meregangkan kulit di sekitar mata.

Selain itu, karena Anda cukup istirahat karena tidur yang tidak terganggu, maka kantong di sekitar mata di pagi hari dapat dihindari. Anda bisa membeli masker tidur yang dibuat dari bahan tertentu, seperti arang, untuk mengurangi bengkak dan kekeringan di sekitar rongga mata.

4. Membantu mengatasi migrain
Sensitivitas cahaya adalah gejala yang umum dan tidak menyenangkan yang terkait dengan migrain kronis. Masker tidur dapat membantu memberikan kegelapan total, yang dapat membantu meredakan nyeri yang berdenyut-denyut.

Beberapa masker tidur bahkan dapat memberikan fitur pendinginan atau pemanas yang dirancang khusus untuk meredakan nyeri migrain. Anda juga bisa membekukan atau mendinginkan masker tidur dan menggunakannya saat migrain menyerang.

5. Dapat mengelola depresi
Meskipun klaim ini memerlukan penelitian lebih lanjut, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur dalam kegelapan total dapat membantu mengurangi depresi. Para partisipan menunjukkan gejala depresi yang berkurang.

6. Membantu pikiran dan tubuh rileks
Menurut penelitian, stimulasi tekanan sentuhan dapat mendorong pelepasan serotonin, zat kimia yang mengatur tidur. Stimulasi tekanan dalam (Deep Pressure Stimulation – DPS) adalah gerakan yang kuat namun lembut, pelukan, atau pegangan yang membuat rileks sistem saraf, jadi saat Anda mengenakan masker mata, tekanan lembut dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan mengurangi perasaan cemas.

7. Dapat membantu mengobati mata kering
Dalam semalam, mata Anda dapat terpapar udara kering, debu, dan bahan iritan lainnya yang dapat menyebabkan mata kering di pagi hari, terutama bagi individu dengan lagophthalmos nokturnal, suatu kondisi yang membuat seseorang tidak dapat menutup mata sepenuhnya. Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan masker tidur.

Tips Memilih masker tidur

Masker tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, tetapi penting bagi Anda untuk memilihnya dengan tepat. Saat memilih masker tidur, perhatikan bentuk, ukuran, bahan, dan bahkan beratnya. Masker tidur harus nyaman, tidak terlalu ketat, atau gatal, jika tidak maka akan menggagalkan tujuannya.

Ukuran
Pilihlah masker yang terpasang nyaman di wajah. Agar tidak terlalu kencang, beli yang talinya bisa disesuaikan dengan kenyamanan namun tetap bisa menghalangi cahaya.

Bahan
Masker tidur berbahan katun memberikan rasa yang lembut, masker sutra juga sangat nyaman (tapi agak mahal), atau Anda dapat menggunakan masker kombinasi yang memiliki eksterior sutra dan isian poliester. Anda juga bisa mencoba foam sleep mask.

Berat
Sebagian besar masker tidur memiliki bobot yang ringan, Anda juga bisa mencoba masker mata dengan sedikit berat yang bisa memberikan tekanan ringan sehingga mengurangi stres.

Warna
Beberapa masker terbuat dari kain berwarna terang yang tidak akan menghalangi cahaya sepenuhnya. Namun jika Anda ingin tidur yang benar-benar tidak terganggu, belilah yang memiliki efek gelap sehingga tidak ada cahaya sama sekali.

Cobalah masker yang terbuat dari 100 persen bahan alami yang dapat bernapas seperti katun atau sutra dan cucilah secara teratur dengan deterjen bebas pewangi dan jangan gunakan pelembut kain apa pun.***dian/ant

Comments

comments