Tak Sempat Beraksi, Polri Bekuk 12 Terduga Teroris di Jatim

Ilustrasi-terntara sedang membidikan senjata ke sasaran tembak./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta―Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menjelaskan, Densus 88 Mabes Polri berhasil menangkap 12 anggota organisasi terlarang Jamaah Islamiyah (JI) di Jawa Timur.

”12 orang ini telah mempersiapkan rute-rute pelarian pasca-melaksanakan aksi terorisme. Sudah siap aksi tapi berhasil digagalkan,” kata Brigjen Rusdi di RS Polri Jakarta, Selasa (2/3).

Rencana penyerangan para terduga teroris ini, ucap Rusdi, gagal karena satuan Densus 88 yang mengumpulkan informasi akhirnya lebih dulu berhasil melakukan pencegahan dengan menangkap komplotan teror tersebut.

“Itu baru rencana, sebelum beraksi, Densus telah melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan sehingga aksi itu tidak terjadi. Tapi yang jelas rencana mereka sudah siap untuk itu,” ujarnya.

Adapun 12 orang yang ditangkap tersebut berinisial UBS alias F, TS, AS, AIH alias AP, BR, RBM, Y, F, ME, AYR, RAS, dan MI.

Meski tak merinci rute pelarian pascateror, Rusdi menegaskan bahwa anggota Jamaah Islamiyah (JI) ini sudah memiliki persiapan matang dan rencana penyembunyian diri sudah mereka susun sedemikian rupa.

“Soal rute itu nanti kita jelaskan, yang penting mereka sudah mempersiapkan semua. Jadi sudah matang bagaimana merencanakan aksinya. Setelah beraksi mereka lari ke mana-mana, mereka sudah mempersiapkan itu,” pungkasnya. (mmu)

Comments

comments