Tak Serius Tangani Kasus SDA, Eks Jubir Febri Diansyah Kritik Kinerja KPK

Febri Diansyah/Foto:Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah, mengkritik ketidakseriusan KPK dalam menangani dan menuntaskan kasus yang berhubungan dengan sumber daya alam (SDA).

“Data 2013 karena KPK masih cukup rajin, fokus pada SDA. Akhir-akhir ini, dua, tiga tahun ini, kita tidak melihat ada keseriusan atau sikap yang intens dari KPK untuk masuk ke sektor SDA,” kata Febri di Jakarta, Kamis (4/3).

Mengingat banyaknya indikasi suap dan korupsi tambang yang menyebabkan bencana alam, mantan Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) itu berharap kasus SDA yang ditangani KPK bisa tuntas dan jadi efek jera bagi korporasi yang tak menjaga lingkungan.

“Memang ada beberapa kasus yang sedang berjalan saat ini, semoga bisa dituntaskan, yang sudah menetapkan korporasi sebagai tersangka di periode kemarin, di Riau loctus-nya,” ujarnya.

Kritik kepada KPK, jelas Febri, dilandasi keprihatinan melihat banyaknya longsor, banjir, dan pencemaran sungai yang diduga akibat salah kelola.

Selain buruknya pengelolaan operasional, bebernya, izin korporasi juga disinyalir banyak didapat dari praktik suap ke kepala daerah sehingga kajian dampak lingkungannya lemah. (mmu)

Comments

comments