Takut Makan Kacang Mete? Ini Sejuta Manfaatnya

Ilustrasikacang mete--sumber gambar healthline.com

Acuantoday.com— Hampir kebanyakan orang suka kacang namun tidak semua berani makan kacang mete. Bukan karena rasanya—karena semua sepakat bahwa rasa mete sangat enak— tapi karena takut bahayanya. Betapa tidak, kacang mete tinggi lemak dan kalori. Jika kita mengkonsumsi terlalu banyak dan rutin bisa menyebabkan munculkan sejumlah efek sampingan.

Mengutip livestrong, kacang mete sesungguhnya adalah makanan yang memiliki banyak manfaat. Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kacang mete adalah tambahan bergizi untuk makanan Anda.

Menurut tinjauan penelitian yang diterbitkan di Nutrient,  seperti umumnya kacang-kacangan, mete adalah sumber lemak sehat, serat, protein, vitamin, mineral, dan fitokimia antioksidan yang baik.

sumber gambar listverse

Mete juga bisa mencegah kanker lantaran mengandung proanthocyanidins, jenis flavanol yang terbukti bisa mencegah sel kanker bereproduksi dan mematikan sel tumor. Bahkan hasil studi menunjukkan bahwa kadar tembaga yang tinggi pada mete juga membantu manangkal radikal bebas, sekaligus sumber phytochemical dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Selain itu kandungan kacang mete kaya akan kandungan mineral tembaga yang merupakan komponen penting penyusun tirosinase. Enzim ini bertugas mengkonversi tirosin ke melanin, pigmen pemberi warna pada rambut dan kulit.

“Mete juga bagus untuk kesehatan jantung, mencegah batu empedu, serta perawatan tulang dan baik untuk syaraf. Magnesium menjaga pembuluh darah dan otot tetap rileks dengan cara memperlambat aliran kalsium ke sel-sel saraf serta meningkatkan fungsi otak,” kata pakar.

Hasil penelitian membuktikan bahwa magnesium membantu mengurangi frekuensi serangan migrain, menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah serangan jantung. Sebaliknya, kekurangan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, ketegangan otot, dan lelah.

Tapi dibalik ‘sejuta’ manfaat mete, jenis kancang ini cukup berbahaya. Efek sampingan terlalu banyak makan mete antara lain kesulitan bernapas dan  ketidaknyamanan gastrointestinal.

Tidak seperti kacan-kacangan lainnya, kacang mete harus dimakan dalam keadaan sudah dimasak. Kacang mete mentah mengandung bahan kimia yang disebut urushiol, yang mirip dengan bahan kimia yang ditemukan pada tanaman seperti poison ivy dan poison sumac. ***dian

Comments

comments