Telkom University Bandung Kembangkan PJU Panel Surya di Pangalengan

PJU dengan memanfaatkan energi terbarukan dipasangan di Kampung Padamukti, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Bandung.(Foto : Dila/Acuantoday.coim)

Acuantoday.com, Bandung- Telkom University (Tel-U) Bandung menghadirkan inovasi dalam membuat Penerangan Jalan Umum (PJU). Berbeda dengan PJU pada umumnya, para akademisi di Tel-U mulai memanfaatkan energi terbarukan.

PJU dengan memanfaatkan energi terbaru hasil pengembangan para akademisi Tel-U Bandung, yang kini terpasang di Kampung Padamukti, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, itu dinamakan PJU berbasis panel surya.

Pemilihan penggunaan teknologi energi terbarukan berbasis panel surya itu di dasari karena melihat potensi wilayah geografis Desa Margamukti yang berada di area pegunungan dan sejauh ini banyak mendapatkan intensitas cahaya matahari.

“Kami dari tim Dosen Telkom University akan membangun PJU berbasis Panel Surya di dua titik area perkebunan teh yang merupakan akses jalan menuju Kampung Padamukti,” ungkap Ketua PKM Tri Nopiani Damayanti, Senin (21/12).

Tri Nopiani menjelaskan PJU berbasis panel surya ini merupakan salah satu rangkaian Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang diterima Tim Dosen Telkom University dari hibah Pengabdian kepada Masyarakat dari pihak Kementistek Dikti.

“Kami berharap pembangunan PJU yang berbasis panel surya ini dapat membantu meningkatkan keamanan serta langkah awal mewujudkan kemandirian ketahanan energi bagi Desa Margamukti sehingga mengurangi konsumsi listrik PLN,” katanya

Sementara itu,  Ketua Komunitas Muda Mudi Padamukti Dharmawan menyambut kehadiran PJU ini. Apalagi menurutnya, kawasan perkebunan teh di Kampung Padamukti, Desa Maramukti, Kecamatan Pangalengan belum tersentuh pihak PLN.

“(Sejak awal) masyarakat disini sangat mengharapkan dibangunnya infrastruktur PJU untuk mendukung keamanan aktifitas di malam hari. Selama ini banyak yang resah terhadap aksi pembegalan di jalan itu terutama bagi kaum wanita,” katanya.(dila)

Comments

comments