Tenang! Goes Dijamin Aman karena Dikawal Gelar Patroli Polisi

Patroli jalur sepeda. Satuan tugas (Satgas) Anti Begal Sepeda Polres Metro Jakarta Selatan menggelar patroli sepanjang jalur sepeda guna menjamin keamanan dan kenyamanan para pesepeda di kawasan itu, Minggu (25/10)./Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Satuan Tugas (Satgas) Anti Begal Sepeda Polres Metro Jakarta Selatan menggelar patroli sepanjang jalur sepeda guna menjamin keamanan dan kenyamanan para pesepeda menikmati berkendara dengan sepeda (goes) di kawasan itu, Minggu (25/10).

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Sartono mengatakan patroli Satgas Anti Begal Sepeda dimulai sejak Sabtu kemarin, terutama pada hari warga Jakarta berolahraga sepeda setiap akhir pekan.

“Dari kemarin sudah tergelar patrolinya. Tujuannya untuk menjamin keamanan dan kenyamanan warga Jakarta yang bersepeda di hari Sabtu dan Minggu,” kata Kombes Pol Budi Sartono.

Patroli Satgas ini dilakukan di sepanjang jalur sepeda yang membentang dari wilayah Sudirman hingga Kecamatan Cilandak.

Titik-titik yang ditempatkan tim satgas ini mulai dari Jalan Sudirman sisi wilayah Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Cilandak hingga Pondok Indah.

“Penempatan personel di empat wilayah Polsek, yaitu Setiabudi, Kebayoran Baru, Cilandak dan Kebayoran Lama,” kata Budi.

Menurut Budi, pengamanan ini sangat humanis dengan menyapa para pesepeda (goweser) dengan tujuan meyakini warga atau pesepeda aman berolahraga di masa pandemi.

Petugas yang berpatroli mengenakan baju dinas Kepolisian, tujuannya agar masyarakat dapat melihat kehadiran polisi dalam aktivitasnya.

Kegiatan pengamanan dari Satgas Anti Begal Sepeda Polres Metro Jakarta Selatan mendapat respon positif dari masyarakat yang beraktivitas olahraga di sepanjang jalur yang diawasi.

Sejumlah pesepeda dan warga yang berolahraga menyampaikan tanggapannya terkait kehadiran polisi di tengah-tengah warga yang sedang berolahraga pagi.

“Saya lihat sepanjang jalan itu polisi sudah siaga, saya secara pribadi sudah merasa aman dan nyaman,” kata Santi warga dari Rawamangun.

Sebelumnya, Waka Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Agustinus Agus Rahmanto menyebutkan, pembentukan satgas ini adalah respon Kepolisian terkait maraknya tindak pidana jambret atau begal yang dialami oleh pesepeda.

SIM Keliling

Sementara itu, Polda Metro Jaya menyediakan layanan pos Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling di Jakarta pada dua lokasi khusus untuk gelaran libur akhir pekan, Minggu (25/10).

Berdasarkan data dari Polda Metro Jaya, Ahad pagi, pelayanan SIM Keliling tersebut dibagi menjadi dua agar memudahkan warga memperpanjang syarat legalitas mengendarai kendaraan itu.

Dua lokasi itu adalah di ITC Cempaka Mas dan Kampus Trilogi Kalibata.

Berdasarkan unggahan tersebut, pelayanannya berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Untuk dapat mengakses layanan SIM Keliling ini dengan lancar, masyarakat diharapkan tidak lupa melengkapi persyaratannya sebelum mendatangi lokasi seperti:

Foto kopi KTP beserta KTP asli. Kemudian fotokopi SIM lama dan aslinya, bukti cek kesehatan dan mengisi formulir permohonan.(ian)

Comments

comments