Terobosan RSPI Sulianti Saroso: “One Stop Shopping” dalam Berobat

Fasker anyar milik RSPI Sulianti Saroso Jakarta Utara. Namanya Paviliun Soka. Satu tempat ada banyak layanan medis, dari MCU hingga poli klinik. Pelayanan dengan kelas eksekutif./Foto: Acuantoday.com (Rohman Wibowo)

Acuantoday.com, Jakarta―Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso menawarkan pengalaman terbaik untuk pasien yang akan berobat berupa pelayanan dan fasilitas medis eksekutif.

Rumah sakit yang berlokasi di utara ibu kota ini, baru saja membangun fasilitas kesehatan (faskes) bernama Paviliun Soka.

Berlokasi di ujung kanan dari lobi rumah sakit itu, Paviliun Soka memberikan pelayanan Medical Check Up (MCU), poli eksekutif dan perjalanan kesehatan. 

Acuantoday.com, berkesempatan masuk dan mengelilingi setiap ruangan di faskes yang kabarnya menelan biaya ratusan juta rupiah ini. 

Tata ruang, interior dan perkakas yang berada di dalamnya, menjadikan paviliun ini begitu istimewa. Pasien yang sedang menunggu dokter dimanjakan dengan bangku empuk paduan warna hijau dan kuning. Desain interior yang dibuat minimalis, semakin mempertegas kesan eksekutif faskes ini. 

Terlihat ada 15 ruangan yang terletak berdekatan. Rincinya, 5 ruangan untuk dokter spesialis, mulai dari spesialis penyakit paru dan penyakit dalam, mata, THT, gigi, hingga obgyn. 

Selebihnya terdapat ruang konsultasi, laboratorium, USG, imunisasi, radiologi, treadmill EKG dan ruang ganti. Semua ruangan berjejer rapi dalam satu faskes ini. Kelengkapan fasilitas kesehatan dan kenyamanan pasien menjadi alasan mengapa pelayanan medis ini disebut eksekutif. 

Kepala Bidang Medik dan Keperawatan RSPI Sulianti Saroso, dr. Temmasonge mengatakan, setiap pasien yang berobat di rumah sakit yang sudah berdiri 25 tahun itu, hanya duduk manis tanpa perlu  repot berpindah tempat ke ruangan lain untuk pelayanan medis lanjutan.

Dia menyebut layanan medis terpadu ini dengan istilah one stop shopping

Pasien tinggal memilih ingin berobat kemana dan lanjutan tindakan medisnya seperti apa. Sebab, semua layanan spesialis penyakit dan faskes seperti laboratorium, tersedia dalam satu tempat.   

“Jadi, itu suatu bentuk pelayanan yang maksimal, terkondisi, tersentralisasi. Hasilnya cepat, dilayani cepat jadi response timenya lebih dari biasanya,” kata dia saat mengajak Acuantoday.com berkeliling di Paviliun Soka RSPI Sulianti Saroso, Kamis (17/12). 

Dengan konsep satu tempat yang punya banyak pelayanan ini, ia meyakini tindakan medis berdasar diagnosa dokter  bakal berjalan lebih cepat. Hal demikian, cukup jarang ditemui, ketika menyambangi rumah sakit dengan konsep pelayanan dan tempat yang belum tersentralisasi. 

“Jadi ini sebuah poliklinik, yang bisa mendapatkan pelayan yang sekaligus. Simultan, bertemu dengan langsung dokter-dokter. Jadi, sudah terkonsentrasi dalam satu tempat dengan fasilitas alat yang mumpuni. Karena itulah, eksekutif,” tuturnya.

Dalam menunjang pelayanan medis, disiapkan  2-3 dokter di setiap bidang spesialis penyakit. 

Layanan kesehatan juga menyediakan traveller medicine, yaitu pemberian vaksin bagi siapa saja yang hendak bepergian ke luar kota atau luar negeri guna terhindar dari penularan penyakit. Layanan tersebut digadang-gadang dr Onge, baru hanya tersedia di RSPI Sulianti Saroso. 

Semua layanan faskes ini beberapa waktu lagi bisa dinikmati masyarakat. Bangunan Paviliun Soka sudah diresmikan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. 

Ia menaruh apresiasi sebesar-besarnya atas kehadiran faskes anyar ini. Baginya, ini sebuah inovasi dalam pelayanan medis. 

“Saya sangat berbahagia karena ini wujud dari inovasi untuk terus berkreasi membangun sesuatu yang baik untuk rumah sakit ini,” kata Terawan usai meresmikan, Rabu (16/12) kemarin. 

Turut juga hadir meresmikan, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, yang menitip harapan besar bagi RSPI, agar turut maksimal melayani penyakit umum, di luar penyakit infeksi.

“Sangat bagus sekali. Nantinya, RSPI ini tidak hanya melayani pasien-pasien yang berhubungan dengan infeksi, tapi bisa juga melayani penyakit umum, termasuk juga MCU. Tadi saya dengan Pak Menkes melihat fasilitas kesehatannya, modern canggih dan mutakhir sehingga diharapkan bisa memberikan pelayanan yang nyaman. Nanti kalau ada waktu saya akan check up di sini,” ujarnya. (rwo)

Comments

comments