Tidur Mendengkur, Nyeri Bahu dan Punggung Waspadai Posisi Tidur Anda

Ilustrasi posisi tidur--sumber gambar onhealth.com

Acuantoday.com— Posisi tidur ternyata berpengaruh pada kesehatan, khususnya kepada mereka yang menderita penyakit tertentu. Untuk yang mendengkur misalnya, sebaiknya memperbaiki posisi tidur karena jika tidak bisa membahayakan diri Anda.

Tidur mendengkur termasuk dalam golongan sleep apnea atau gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara selama beberapa kali saat sedang tidur. Kondisi ini dapat ditandai dengan mengorok saat tidur dan tetap merasa mengantuk setelah tidur lama. Kondisi ini sangat berbahaya karena menyebabkan tubuhnya kekurangan oksigen.

Nah untuk penderita sleep apnea ini, disarankan tidur menyamping. Posisi tidur ini akan membantu menjaga jalannya pernafasan tetap terbuka.

“Posisi tidur terlentang  akan memperburuk  penderita sleep apnea  dan tidur mendengkur.  Karena ketika Anda tidur, leher, tenggorokan dan lidah akan rileks dan menyebabkan obstruksi aliran udara,” jelas Jason Coles , MD , Pediatric Sleep Medicine dari Spectrum Kesehatan Medical Group di Grand Rapids , Mich, sebagaimana dikutip dari newsmaxhealth.

Bahkan berdasarkan penelitian Massachusetts General Hospital  di Boston, penderita sleep apnea yang tidur terlentang, 60% dari mereka memiliki dua kali lipat kemungkinan kondisinya memburuk terkait jeda dalam pernafasan.

Salah satu cara untuk mencegah tidur terlentang adalah gunakan bantal guling. “Memeluk  bantal guling baik untuk membuat tidur Anda tidak terlentang,” kata  Ryan S. Hays , MD , asisten profesor neurologi & Neurotherapeutics di Universitas Texas Southwestern Medical Center,  Dallas.

Ilustrasi sakit punggung—sumber gambar hackensackmeridianhealth.org

NYERI PUNGGUNG DAN BAHU

Demikian halnya yang memiliki masalah pada leher, bahu, dan nyeri punggung, juga harus memperhatikan posisi tidurnya. Misalnya bermasalah pada leher, hindari tidur telungkup karena dapat menyebabkan ketegangan pada leher Anda.  Lebih baik tidur dalam posisi menyamping atau terlentang.

Jika memiliki masalah nyeri bahu, tutur Dr Hays, yang terbaik adalah menghindari tidur menekan bagian yang sakit. Karena tekanan akan bertambah, sehingga memperburuk rasa sakit dan  ini akan mengganggu kualitas tidur Anda.

Untuk sakit punggung , lebih baik untuk tidur terlentang, hal ini membuat tulang belakang sejalan alami.  Tempatkan bantal di bawah lutut  dan menjaga kaki Anda sejajar, ujar Dr Coles,  dapat mengurangi beberapa tekanan pada pinggul dan punggung.

“Hal ini juga dapat membantu Anda menghindari memutar pinggul dan berbalik dengan cara yang akan lebih menyakiti  . ”
Jika Anda memilih untuk tidur miring, tempatkan bantal di antara lutut dan paha. Kedua kaki sedikit ditekuk  dapat membantu mengurangi ketegangan dan nyeri pada tulang belakang

Penderita maag kronis atau acid reflux,  kemungkinan akan lebih buruk jika Anda berbaring terlentang. Posisi yang baik adalah menaikkan  bagian kepala tempat tidur lebih tinggi atau tambahkan bantal lebih tinggi atau ganjal  dengan bantal tambahan untuk menopang bagian atas tubuh Anda.

Maksudnya adalah memastikan posisi kepala lebih tinggi dari kerongkongan juga harus lebih tinggi dari dada dan perut. “Dengan cara ini, gravitasi membantu asam lambung tetap turun , ” jelas Dr Coles.***dian

Comments

comments