Tidur Pulas Kurangi Risiko Kanker Prostat

Ilustrasi--sumber gambar gethealthystayhealthy.com

Acuantoday.com— Tahukah Anda bahwa tidur pulas pada malam hari dapat membantu melindungi Anda dari serangan kanker prostat. Para peneliti  dari Harvard School of Public Health di Boston, Amerika, menyebutkan, mereka yang memiliki hormon tidur melatonin tinggi, memotong 75% risiko kanker prostat.

Melatonin adalah hormon yang diproduksi tubuh manusia pada malam hari. Hormon ini yang mengatur siklus tidur dan mempengaruhi fungsi-fungsi yang terkait dengan jam tubuh selama 24 jam atau ritme sirkadian. Orang-orang yang memiliki sedikit melatonin cenderung bermasalah dengan tidur dan terbangun ketika hari masih gelap. Demikian dikutip dari dailymail.co.uk.

Para peneliti menyebutkan kurang tidur atau faktor-faktor lain, dapat mempengaruhi jumlah metonin yang keluar, atau bahkan memblokir hormon tersebut.

Pemimpin studi Sarah Markt, dari Harvard School of Public Health di Boston, AS, mengatakan: “Kurang tidur dan faktor lainnya dapat mempengaruhi jumlah sekresi melatonin atau memblokir sama sekali. Masalah kesehatan yang berhubungan dengan melatonin yang rendah, tidur yang terganggu, dan gangguan irama sirkadian yang luas, termasuk faktor risiko potensial untuk kanker. ”

Dr Matthew Hobbs dari Badan Kanker Prostat Inggris, mengatakan studi  ini penting untuk membedakan pria yang berisiko kanker prostat agresif dan yang berisiko rendah terkena kanker pembunuh pria ini. Studi ini, ujarnya, adalah jalan panjang  untuk melakukan tes kanker berdasarkan tingkat melatonin.***dian

Comments

comments