Tim Tabur Tangkap Buronan Kasus Korupsi Irigasi Jambi

Ilustrasi - Tim gabungan Kejaksaan Agung dan Kejari Purwokerto terpidana kasus penipuan multi level marketing (MLM) Eliza Kartikasari Nur Faizah. Kamis (1/10) Kejagung merilis penangkapan buronan sejak 10 tahun itu.

Acuantoday.com, Jakarta―Kejaksaan Agung menangkap Ibnu Ziad MZ (48), buron terpidana kasus korupsi pembangunan irigasi Sungai Tanduk Kayu Aro Kabupaten Kerinci Tahun Anggaran 2016.

Ibnu tak berkutik saat diringkus pada Kamis (12/11) malam di tempat pelariannya di sebuah kamar apartemen di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Dalam keterangannya, Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono, mengatakan terpidana, menjadi buron sejak Juli 2020, usai putusan fatwa Mahkamah Agung yang menyatakan dirinya terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi.

Putusan itu menyebut Ibnu dijatuhi hukuman pidana penjara selama empat tahun dan denda Rp200 juta.

Terpidana disebut menyalahgunakan jabatannya selaku PNS, berstatus Kabid Pengairan Dinas PUPR Provinsi Jambi, dalam proyek pembangunan irigasi, hingga merugikan keuangan negara hingga Rp1.040.825.324.

Menurut Hari, Ibnu mempunyai wewenang dalam mengatur anggaran proyek yang mencapai Rp7,2 milliar itu.

“Dalam Proyek Irigasi Sungai Tanduk tersebut terpidana Ibnu bertindak sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam jabatannya sebagai Kabid Pengairan Dinas PUPR Provinsi Jambi, ” ujar Hari dalam keterangannya, Jumat (13/11).

Tak lama setelah tertangkap, terpidana dibawa ke Jambi pada Jumat (13/10) pagi tadi, untuk diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Sungai Penuh, sebelum akhirnya dijebloskan ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sungai Penuh Provinsi Jambi.

Keberhasilan penangkapan buronan pelaku kejahatan oleh Tim Tabur Kejaksaan Agung bersama Tim Tabur Kejaksaan Tinggi Jambi dan Tim Tabur Kejaksaan Negeri Sungai Penuh kali ini merupakan keberhasilan Tangkap Buronan (Tabur) yang ke – 111 di tahun 2020 dari buronan yang berhasil diamankan oleh Tim Tabur Kejaksaan RI. dari berbagai wilayah, baik dalam kategori tersangka, terdakwa, maupun terpidana. (rwo)

Comments

comments