Tinggi Muka Air Ibukota Masih Aman Tapi Harus Tetap Waspada

Ilustrasi- Genangan air akibat banjir di salah satu sudut wilayah Ibukota DKi Jakarta. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabtu malam (26/9) merilis hasil pantauan terhadap tinggi muka air di pos pantau aliran sungai dari kawasan Bogor ke Jakarta masih aman tapi warga diminta tetap harus waspada./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta– Hasil pantauan terhadap tinggi muka air di pos pantau aliran sungai dari kawasan Bogor ke Jakarta masih aman.

Namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan
masyarakat harus tetap waspada.

“Saat ini, tinggi muka air masih aman, yang perlu diantisipasi adalah apabila cuaca hujan dengan intensitas berat adalah masyarakat yang berada di sekitar aliran Sungai Ciliwung,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Mohammad Insyaf dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu malam (26/9/2020).

Dari data yang diberikan oleh Insyaf, saat ini status ketinggian muka air hampir semuanya Siaga 4 atau Normal. Bendung Katulampa (10 cm/mendung), Depok (70 cm/terang), Manggarai (570 cm/terang) dan Karet (260 cm/terang).

Krukut Hulu (10 cm/terang), Pesanggrahan (50 cm/mendung), Angke Hulu (40 cm/terang);mm, Cipinang Hulu (75 cm/terang), Sunter Hulu (50 cm/terang) dan Waduk Pluit (-185 cm/terang).

Hanya pos pantau Pasar Ikan yang berstatus Siaga 2 dengan tinggi muka air 212 sentimeter (cm) dan cuaca saat ini terang.

Wilayah Bogor dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan sedang hingga lebat pada Sabtu petang hingga malam hari.

Data yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima di Jakarta, Sabtu petang, menyebut pada pukul 16.05 WIB berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang mulai pukul 16.35 WIB di wilayah Kabupaten Bogor.

Wilayah yang diprediksi mengalami hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di Sukaraja, Leuwiliang, Pamijahan, Nanggung, Caringin, Sukajaya, Cigombong dan sekitarnya.

Hujan tersebut juga diprediksi dapat meluas ke wilayah lainnya, yakni Citeureup, Babakan Madang, Jonggol, Cariu, Sukamakmur, Ciampea, Cibungbulang, Jasinga, Cigudeg, Ciawi, Megamendung, Cijeruk, Ciomas, Dramaga, Tamansari, Klapanunggal, Tanjungsari, Leuwisadeng dan Tenjolaya.(ian)

Comments

comments