Tingkatkan Imunitas Tubuh, Jangan Lupa Konsumsi Zinc

Ilustrasi-- sumber gambar intermountainhealthcare.org

Acuantoday.com— Vitamin, mineral dan zat adalah asupan paling penting yang harus terpenuhi untuk tubuh agar metabolisme dapat terjaga dengan baik. Salah satu mineral yang tak kalah penting, namun tak banyak yang tahu, adalah pentingnya asupan zinc setiap hari.

Jika asupan zinc tidak terpenuhi dengan baik maka akan berakibat terganggunya system imun tubuh, sekaligus enzim dalam tubuh tidak berfungsi. Berdasarkan data angka kecukupan gizi bagi masyarakat Indonesia 2019, kebutuhan zinc bagi dewasa adalah sekitar 8-11 gram per hari. Kebutuhan ini akan berubah sesuai dengan kondisi kesehatan, usia, jenis kelamin, kebiasaan merokok, dll.

Sebagaimana diungkap di atas, kekurangan zinc akan bermasalah bagi tubuh. Apalagi dalam situasi pandemic Covid 19 seperti sekarang ini dimana setiap orang dituntut memiliki imunitas tubuh. Karena untuk bisa mencegah tertular Covid 19 salah satunya dengan imun tubuh.

Mengutip food.ndtv.com, sebuah studi ilmiah baru-baru ini mengaitkan antara rendahnya zinc dalam tubuh dengan tingginya risiko kematian pada orang yang terpapar Covid 19.

Karenanya penting mencukupi kebutuhan zinc harian Anda agar imunitas tubuh terjaga. Telah terbukti bahwa sistem kekebalan yang baik bertindak sebagai garis pertahanan pertama tubuh terhadap semua penyakit virus. Vitamin C disebut-sebut sebagai nutrisi terbaik untuk membantu membangun kekebalan, tetapi mengisi kembali tubuh Anda hanya dengan nutrisi ini bukanlah satu-satunya solusi.

Kekurangan nutrisi tertentu lainnya dapat membuat Anda lebih rentan terhadap virus Corona. Sebuah studi ilmiah baru-baru ini mengaitkan rendahnya tingkat zinc dalam tubuh dengan risiko kematian yang lebih tinggi pada orang yang bergulat dengan Covid 19. Temuan penelitian ini diungkapkan dan dibahas panjang lebar pada Konferensi ESCMID  online tentang Penyakit Coronavirus (ECCVID) yang diadakan September 2020 lalu.

Makanan yang mengandung zinc antara lain, telur mengandung 5% (0,6 mg), biji semangka yang menurut ahli gizi kita bisa mengkonsumsi sekitar setengah sendok teh biji semangka 2-3 kali seminggu. Buncis juga mengandung zinc. Sekitar 100 gram kacang-kacangan mengandung 1,53 mg zinc.***cit

 

Comments

comments