Tips Menolak Ajakan Kumpul-kumpul Tanpa Membuat Teman Tersinggung

Ilustrasi-- sumber foto timesofindia.indiatimes.com

Acuantoday.com— Liburan Panjang sebentar lagi akan tiba. Tapi tidak seperti biasanya,  pandemic Covid 19 sekarang tengah melanda seluruh dunia. Di sisi lain, sebagian orang sudah memutuskan akan mengambil liburan Panjang itu untuk traveling ataupun mengadakan acara kumpul-kumpul, sebagian lagi memutuskan tinggal di rumah lantaran khawatir terpapar Covid 19.

Bagaimana dengan Anda? Pasti sebagian teman mengajak Anda untuk berlibur bersama, atau mengadakan acara kumpul-kumpul. Healthline menyarankan, jika ada tawaran semacam itu sebaiknya ditolak. Alasannya hanya satu, yakni Covid 19 yang belum mereda. Namun begitu, untuk menolak, tentu ada caranya agar tidak membuat teman yang mengajak salah paham.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyebutkan, sebaiknya orang harus menghindari menghadiri pertemuan besar di dalam ruangan dengan orang-orang dari luar rumah mereka.

“Tujuannya adalah demi kesehatan dan keselamatan Anda, demi melindungi diri Anda sendiri. Di rumah bersama keluarga, jauh dari keluarga besar, teman, adalah bagus dalam menghindari pandemic,” kata Deborah Serani, PsyD, psikolog dan profesor di Universitas Adelphi, mengatakan kepada Healthline.

Memang untuk menyampaikan kata penolakan tidaklah mudah. Berikut ini ada beberapa tips dari para ahli.

1.Katakan ‘tidak’ dengan anggun

Sebelum mengucapkan kata penolakan, Anda terlebih dahulu mengungkapkan penghargaan Anda atas undangan tersebut terlebih dahulu. Kemudian menyampaikan keputusan Anda. Pakar etika Elaine Swann, mengatakan, hindari terlalu banyak detail tentang mengapa Anda tidak hadir. “Ini dapat menyebabkan gesekan jika Anda berbagi terlalu banyak detail tentang pandemi,” katanya kepada Healthline.

Swann menyarankan untuk menyatakan sesuatu yang pendek dan sederhana seperti: “Aku tidak akan bisa bergabung denganmu kali ini tapi aku menantikan saat dimana kita bisa berkumpul lagi.” Untuk memastikan bahwa Anda tetap perhatian, pertimbangkan untuk mengirim sesuatu untuk acara tersebut.

“Misalnya, Anda mengatakan kepadanya, akan mengirim makanan penutup atau sebotol anggur,” kata Swann.

2.Mengirim uang juga merupakan pilihan

“Beri tahu mereka,‘ Saya punya minuman untuk berkontribusi pada waktu yang menyenangkan itu.  Atau, saya baru saja mengirimi Anda uang melalui Zelle,” kata Swann. Mungkin mereka akan kecewa karena Anda tidak datang. Tapi kemungkinan besar mereka akan menghargai atas apa yang Anda lakukan.

Tampilkan juga perasaan menyesal karena tidak dapat ikut acara kumpul-kumpul. Namun begitu Anda tetap harus teguh dengan keputusan Anda.***dian

Comments

comments