Tips Tetap ‘Waras’ Selama Pandemi

Ilustrasi-- sumber gambar EVERETT COLLECTION/ marketwatch.com

Acuantoday.com— Pandemi Covid 19 yang berkepanjangan membuat semua orang stress. Apalagi jika berbicara tentang menyiasati keuangan yang sudah menipis. Ditambah lagi, masih memiliki kewajiban membayar hutang, entah itu berupa cicilan kartu kredit atau hutang kepada pihak lain.

Tak heran kalau dalam situasi sulit seperti ini jumlah orang stress semakin meningkat. Lalu bagaimana caranya agar bisa tetap survive .

Mengutip laman cnbc.com, seorang terapis keuangan memberi tiga saran dalam mengelola keuangan Anda dan tetap ‘waras’ selama pandemic.

″ Pandemi menimbulkan banyak pertanyaan sulit tentang cara mengelola uang kita, cara terbaik untuk menggunakannya, ” kata Nicole Lacovoni, ahli terapi keuangan yang berbasis di Pennsylvania. “Semuanya sangat tidak terduga. Kita tidak lagi memiliki jaminan pekerjaan dan penghasilan yang stabil. Ini tentu membuat orang bertanya, ‘Bagaimana saya bisa bersiap untuk menghadapi badai finansial?’

Berikut ini nasihat Lacovoni tentang bagaimana orang dapat tetap memantau keuangan mereka sambil juga memiliki ketenangan pikiran. Inilah tiga tipnya.

1.Tekan ‘jeda’ pada rencana pembayaran utang Anda

Jika Anda termasuk orang yang kehilangan pekerjaan karena pandemic atau memiliki kemungkinan untuk kehilangan pendapatan dalam waktu dekat, maka bayarlah hutang dengan pembayaran minimum. Ini adalah hutang yang tidak akan bermasalah jika tidak langsung melunasi, cukup dengan pembayaran minimum. Misalnya, hutang kartu kredit, tagihan kesehatan, dan hutang dari Lembaga lainnya.

Memang dengan membayar tagihan dengan minimum, akan memperpanjang waktu mengutang, belum lagi bunga yang harus ditanggung.

2.Temukan kenyamanan dalam rutinitas baru

Lacovoni menyarankan untuk menyimpan uang Anda daripada menghabiskannya untuk barang-barang baru yang bukan kebutuhan utama.

Ia juga menyarankan agar  mencoba melakukan kebiasaan kecil untuk mengembalilkan rutinitas dan stabilitas dalam hidup Anda. Beberapa telah melaporkan bahwa merapikan tempat tidur setiap pagi sekarang menjadi ritual yang menenangkan, bersama dengan berpakaian seolah-olah Anda akan pergi ke kantor atau membuat daftar tugas untuk setiap hari.

Temukan cara baru untuk merasa puas dan santai di rumah, seperti berolahraga, mengerjakan karya seni, atau mengobrol dengan teman.

Dan ketika Anda melihat ada kemungkinan untuk mendapat bantuan uang tunai, maka sebaiknya uang itu ditabung atau digunakan untuk melunasi hutang.

3.Lihatlah pandemi sebagai sebuah kesempatan lebih baik dalam pengelolaan keuangan

Jika Anda merasa tertekan dan merasa tidak siap secara finansial, cobalah menyalurkan perasaan tertekan itu dengan melakukan suatu yang produktif untuk masa depan Anda.

Dia mendengar dari beberapa klien yang menyesal membelanjakan banyak uangnya sebelum pandemic corona melanda, seandainya uang itu ditabung sebagai dana darurat atau digunakan untuk melunasi hutang mereka sehingga sekarang mereka tidak perlu khawatir tentangan pembayaran hutang.

Tetapi Anda tidak sendirian. Jika Anda tidak siap secara finansial selama masa-masa ini, cobalah untuk menyalurkan perasaan bersalah atau malu karena tidak mempersiapkan diri menghadapi badai finasial, dengan melakukan hal yang produktif untuk masa depan Anda.

“Lihatlah hal ini sebagai suatu kesempatan untuk mengambil peran yang lebih aktif dalam kehidupan finansial Anda dan membuat keputusan yang lebih baik untuk ke depannya sehingga Anda tidak akan pernah berada dalam keadaan panik finansial lagi,” kata Lacovoni. ***dian

Comments

comments