Tips untuk Wanita: Enam Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat

Ilustrasi-- pressmaster, Depositphotos/heart.org

Acuantoday.com— Memperhatikan faktor risiko dan menjalani gaya hidup sehat dapat membantu para wanita mencegah penyakit jantung. “Wanita di usia paruh baya pasti berada pada risiko tertinggi. Ini adalah waktu yang tidak menentu bagi wanita, karena transisi menopause ditandai dengan perubahan komposisi tubuh, distribusi lemak, dan peningkatan kadar kolesterol,” kata Dr. Jennifer Mieres, seorang profesor kardiologi di Sekolah Kedokteran Zucker di Hofstra / Northwell di New York, sebagaimana dikutip dari heart.org

Di antara wanita, 90% memiliki satu atau lebih faktor risiko penyakit jantung di beberapa titik dalam hidup mereka, menurut statistik American Heart Association. Namun 80% penyakit kardiovaskular ini dapat dicegah.

Berikut tips dari webMD untuk mencegah terkena penyakit jantung.

Periksa ‘Pohon’ Keluarga Anda

Jika ibu atau saudara perempuan Anda menderita penyakit jantung sebelum usia 65 tahun, atau jika ibu Anda terserang stroke pada usia berapa pun, Anda lebih mungkin menderita penyakit jantung. Itu tidak berarti Anda akan mengalami serangan jantung atau stroke. Tetapi pastikan dokter Anda mengetahui riwayat keluarga Anda. Mereka dapat membantu Anda mengambil langkah yang tepat untuk menurunkan peluang Anda

Berhenti Merokok

Wanita yang merokok 25% lebih mungkin mengalami serangan jantung dibandingkan pria yang merokok. Ini merusak pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah Anda, dan dapat menyebabkan pembekuan darah. Peluang Anda bahkan lebih tinggi jika Anda minum pil KB dan merokok, terutama setelah usia 35 tahun.

Awasi Kolesterol Anda

Benda lunak berlemak ini dapat menumpuk di arteri Anda dan menyebabkan plak yang mengeras seiring waktu dan menyumbat arteri Anda. Tes darah cepat dapat memberi tahu Anda dan dokter Anda. Untuk menurunkan ‘kolesterol jahat’ (LDL) Anda, fokuslah pada perubahan sederhana. Perhatikan jumlah lemak dan gula dalam makanan Anda, lakukan lebih banyak olahraga, dan perhatikan koktail tersebut.

Pencegahan: Jaga Berat Badan Sehat

Makan lebih banyak makanan segar dan utuh, terutama yang rendah kalori, natrium, dan lemak trans. Lihat kelas memasak yang menyehatkan jantung atau video online. Dan temukan aktivitas menyenangkan yang membuat Anda beranjak dari sofa: Jalan-jalan bersama teman, ikuti kelas Zumba, atau menari salsa.

Meningkatkan Kebugaran Lebih Penting Setelah 40

Meskipun Anda belum pernah menjadi ratu olahraga, ambillah langkah-langkah untuk meningkatkan kebugaran Anda saat mencapai usia 40. Wanita paruh baya dapat mengurangi peluang mereka untuk mengalami beberapa kondisi jantung dengan olahraga teratur. Perubahan kecil pada rutinitas Anda bisa membuat perbedaan besar.

Lindungi Jantung Saat Kehamilan

Saat Anda hamil, jantung Anda memompa lebih banyak darah. Ini dapat membuat stres pada jantung dan arteri Anda. Wanita yang memiliki masalah irama jantung atau katup biasanya mengalami sesak napas, detak jantung yang cepat, atau tanda-tanda infeksi serius saat mereka hamil. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau mengalaminya selama kehamilan, itu dapat menyebabkan gangguan serius yang disebut preeklamsia yang dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi ibu dan bayi.***dian

Comments

comments