Tips Wajah Bebas Jerawat, Komedo dan Kulit Berminyak

Ilustrasi--sumber foto sheksnows com

Acuantoday.com— Masalah jerawat, komedo, kulit berminyak menjadi keluhan utama dari para remaja. Tak mengherankan karena memang di masa remaja hormon androgen sedang meningkat. Akibatnya mereka mengalami banyak masalah pada kulitnya.

“Lonjakan hormon menyebabkan pembesaran kelenjar minyak, membuat kulit remaja berminyak dan membuat pori-pori besar serta komedo,” jelas Jessica Wu, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di Los Angeles yang berspesialisasi dalam bidang dermatologi medis dan kosmetik.

Dikutip dari everydayhealth.com , inilah disarankan dr Jessica Wu untuk dilakukan para remaja agar kulitnya terawat baik.

1.Jika kulitmu berminyak maka bersihkanlah dengan hati-hati. Mungkin bisa menggunakan pembersih berbusa atau gel untuk perawatan kulit. Bersihkan sekali sehari, atau dua kali jika kulitmu sangat berminyak atau kotor sepanjang hari.

2.Jika memakai riasan, yang terbaik adalah menghapus riasan mata terlebih dahulu, lalu bersihkan dengan ujung jari dan gel atau pembersih berbusa.

3.Jika kamu berolahraga, cuci muka (jika bisa) sebelum berolahraga. Kalau tidak memungkinkan, setidaknya, kata Wu, kamu membawa tisu wajah. Untuk remaja yang memiliki kulit kering dan bukan berminyak, cobalah pembersih dan pelembab seperti susu.

Ilustrasi–sumber foto nbcnews.com

4.Cuci riasan sebelum tidur. Sekalipun temanmu bisa tidur dengan riasan dan tampak heba tapi itu bukan ide yang bagus.

5.Jika kamu terlalu lelah untuk mengikat rambut ke belakang, melepas riasan, dan mencuci muka, setidaknya gunakan tisu pembersih yang telah dibasahi sebelumnya untuk menghilangkan riasan, kotoran, dan minyak di wajah. Karena jika kamu terbiasa tidur dengan riasan, jerawat dapat muncul atau timbul ruam bergelombang yang disebut dermatitis perioral atau periokular.

6.Kontrol minyak di wajahmu dengan baik. Ini ada tiga langkah dasar yang bisa mengontrol minyak di wajah. (1) pilih pembersih asam salisilat, (2) gunakan primer bebas minyak untuk mengontrol kilau, dan (3) noda minyak di siang hari menggunakan kain khusus atau jaringan.

7.Anda hanya perlu melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu, menggunakan produk yang relatif lembut. Jangan menggosok (tidak akan membantu mengatasi jerawat atau komedo) dan tidak melakukan pengelupasan berlebihan.

8.Dapatkan produk jerawat yang tepat. Jika kamu berjerawat, coba pendekatan ini: cuci mukamu, gunakan toner, lalu oleskan gel obat jerawat.

9.Ini hal penting.Jangan berbagi riasan. “Apakah Anda ingin berbagi kuman teman Anda?” ucap Wu. “Berbagi produk mata dan bibir adalah ide yang buruk.” Jadi, meskipun menggoda untuk mencoba eye liner baru temanmu, dapatkan eye liner Anda sendiri,” tambahnya.

10.Jaga kebersihan tangan. Salah satu cara untuk membantu kulitmu tetap sehat adalah dengan melindunginya dari kotoran dan terlalu banyak kuman. Cuci tanganmu sebelum menyentuh wajah atau merias wajah.

  1. Kenakan tabir surya karena itu bisa membantu mencegah wajah berjerawat.Pilih produk bebas minyak.Carilah kosmetik, seperti alas bedak cair, yang mengandung tabir surya.
  2. Bicaralah dengan dokter. Mengunjungi dokter kulit untuk berkonsultasi masalah jerawat dapat sangat membantu. Terutama jika jerawat di wajahmu terlihat cukup parah bahkan meninggalkan bekas luka. “Bekasnya bisa seumur hidupmu,” kata Wu. ***dian

Comments

comments