Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan Presiden secara Virtual

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan tol Trans-Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai, Jumat (25/9/2020) dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat./Foto: Biro Pemberitaan Istana Kepresidenan

Acuantoday.com, Bogor- Pandemi COVID-19 tidak menghalangi pemerintahan Kabinet Indonesia Jokowi-Mar’uf dalam memperbanyak ruas jalan di tanah air.

Penambahan Jalan tol Trans-Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai, Jumat (25/9/2020) tetap dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meski pandemi COVID-19 masih berlangsung. Peresmian dilakukan Presiden secara virtual.

Kepala Negara memilih melakukan peresmian dari Istana Kepresidenan, Bogor karena pandemi COVID-19.

Sementara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Riau Syamsuar dan sejumlah pejabat terkait berada di lokasi acara di Gerbang Tol (GT) Dumai.

Meskipun meresmikan dari Istana Kepresidenan, Presiden Jokowi tetap mengenakan pakain sesuai prosedur tetap yang berlaku.

Presiden Jokowi tetap mengenakan helm dan rompi proyek layaknya para pejabat yang berada di lokasi jalan tol.

Layar di belakang Jokowi juga menampilkan gambar dari GT Dumai sehingga membuat Jokowi seolah hadir langsung di lokasi.

Dalam sambutannya, Jokowi meyakini ruas tol Pekanbaru-Dumai ini akan meningkatkan konektivitas di Provinsi Riau yang berujung pada perbaikan ekonomi.

“Ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju,” kata Jokowi.

Jokowi pun berpesan agar seluruh masyarakat Riau memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan jalan tol Pekanbaru-Dumai,” ujar Jokowi.

Tol Pekanbaru-Dumai ini membentang sepanjang 131 kilometer dan telah memenuhi persyaratan laik operasi sebagai jalan tol.

Tol Pekanbaru-Dumai terdiri dari enam seksi, yaitu Seksi 1 (Pekanbaru-Minas) sepanjang 9,5 kilometer, Seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) sepanjang 24,1 kilometer, dan Seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) sepanjang 16,9 kilometer.

Kemudian, Seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 kilometer, Seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 kilometer, dan Seksi 6 (Duri Utara- Dumai) sepanjang 25,05 kilometer.(har)

Comments

comments