Total Korban Meninggal Gempa Sulbar 105 Orang

Dampak gempa M6,2 di Kecamatan Mamuju, Sulawesi Barat--foto BPBD Mamuju/BNPB

Acuantoday.com, Mamuju  – Korban meninggal dunia akibat gempa bumi di  Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, 15 Januari  lalu  mencapai 105 orang.

“Rinciannya sebanyak 95 orang meninggal di Kabupaten Mamuju dan 10 orang di Kabupaten Majene,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mamuju, Saidar Rahmanjaya, Rabu (27/1).

Sementara, jumlah korban luka-luka sebanyak 3.369 orang dan 89.524 orang yang terdampak dan terpaksa mengungsi di sejumlah titik pengungsian.

Kepala Kantor Basarnas Mamuju itu menyampaikan, ahli waris korban meninggal dunia segera mendapatkan santunan.

“Pemberian santunan tersebut telah di proses oleh Kemensos. Kita berharap agar semua korban meninggal dunia dapat tervalidasi datanya, sehingga akan mempercepat proses pemberian santunan ke ahli warisnya masing-masing,” tambahnya.

Sementara data BNPB menunjukkan  kerusakan di Kabupaten Majene  antara lain satu Kantor Danramil rusak, 17 fasilitas kesehatan, 4.122 rumah dan sebanyak 32 fasilitas ekonomi dan perkantoran .

Sedangkan di Kabupaten Mamuju, tercatat 3.741 rumah , satu hotel, satu minimarket, kantor gubernur, lima unit fasilitas kesehatan, tiga jembatan  dan satu pelabuhan rusak.

Total kerugian ditaksir mencapai Rp 829,1 miliar. (Bram/Antara)

Comments

comments