Trump Akhirnya Melunak, Buka Pintu untuk Transisi ke Biden

Presiden terpilih AS, Joe Biden/Foto:Reuters

Acuantoday.com –  Presiden Amerika Serikat  (AS) Donald Trump akhirnya melunak. Setelah sebelumya ngotot tak mengakui kekalahan, Senin waktu setempa ia mengizinkan para pejabat untuk melanjutkan proses transisi administrasi ke Presiden terpilih Joe Biden.

Izin tersebut memberikan jalan bagi rivalnya, Partai Demokrat, untuk mengakses pengarahan-pengarahan dan pendanaan.

Trump,  dari Partai Republik, telah menuduh adanya kecurangan pemilih yang luas pada pemilu 3 November lalu, tanpa memberikan bukti. Pengumuman Trump pada Senin itu merupakan langkah terdekat dari pengakuan kekalahannya.

Biden memenangkan 306 suara elektoral yang dihitung per-negara bagian itu, angka yang jauh di atas 270 yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilu.

Sementara Trump mendapatkan 232 suara elektoral. Biden juga mengungguli Trump dengan enam juta suara lebih banyak dalam penghitungan suara populer.

Biden telah mulai menunjuk nama-nama anggota tim tanpa menunggu pendanaan pemerintah maupun pengakuan Trump. Namun para anggota Partai Demokrat menuduh presiden Trump telah merusak demokrasi AS dengan menolak untuk mengakui hasil pemilu.

Senin waktu setempat, Administrasi Layanan Umum (GSA), badan federal yang harus menyetujui transisi presiden, mengatakan pada Biden bahwa dirinya dapat secara resmi memulai proses penyerahan kekuasaan.

Administrator GSA, Emily Murphy, mengatakan dalam sebuah surat bahwa Biden akan mendapatkan akses terhadap sumber-sumber yang sebelumnya tidak diberikan akibat permasalahan hukum yang hendak membatalkan kemenangannya.

Pengumuman tersebut datang tak lama setelah para pejabat di Michigan mengesahkan Biden sebagai pemenang di negara bagian mereka, memperkecil kemungkinan keberhasilan upaya hukum Trump untuk membalikkan hasil pemilu. (Tika/Ant/Reuters)

Comments

comments