Ungkap Kebakaran Kejagung, Polisi Korek Keterangan Ahli Bangunan

Monumen R. Soeprapto (Bapak Korps Kejaksaan) masih tegak berdiri. Kebakaran Kejaksaan Agung pada 22 Agustus lalu berbuntut pada dugaan pidana. Polisi tengah memburu pelaku./Foto: Acuantoday.com (Rohman Wibowo)

Acuantoday.com, Jakarta―Penyidik gabungan Polri kembali mengorek keterangan dari saksi untuk membuktikan dugaan pidana dalam peristiwa kebakaran Kejaksaan Agung (Kejagung), Selasa (29/9) ini.

Sebanyak 12 saksi termasuk saksi ahli dipanggil ke Bareskrim Polri. Mereka merupakan saksi potensial, yang sebagiannya berada saat detik-detik kebakaran terjadi. 

“Ada 12 orang terdiri dari kamdal (petugas keamanan dalam), cleaning services, PNS, petugas Damkar dan saksi ahli bangunan dari Kementerian PUPR,” kata Karo Penmas Div. Humas Mabes Polri, Brigjen (Pol) Awi Setyono saat jumpa pers di Bareskrim Polri, Selasa. 

Awi tak menyebut rinci masing-masing kapasitas saksi. Tapi, yang jelas, keterangan saksi ahli dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diharapkan bisa memberi petunjuk bagaimana daya tahan gedung terhadap kebakaran.    

Awi menambahkan, agenda penyidik hari ini juga melakukan analisis dan evaluasi (anev) terhadap hasil pemeriksaan saksi yang sudah dilakukan. Penyidik bakal terus memanggil setiap saksi yang sudah terjaring sebanyak 131 saksi secara bertahap.

Tercatat, penyidik sudah melakukan pemeriksaan terhadap puluhan saksi hingga hari ini. Saksi yang terjaring mulai dari kalangan eksternal, seperti tukang bangunan yang berada di lokasi saat kebakaran hingga pejabat penting Kejagung yang bertugas di unit kejaksaan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen.

Penyidikan insiden kebakaran ini disoroti publik, seiring munculnya spekulasi adanya sabotase terhadap kasus-kasus korupsi besar yang tengah ditangani Kejagung. Misal kasus suap Jaksa Pinangki, yang melibatan koruptor kasus Bank Bali, Djoko Tjandra hingga kasus korupsi berjamaah Asuransi Jiwasraya, yang ditaksir merugikan negara sebanyak Rp16,81 triliun. (rwo)

Comments

comments