UNJ Gunakan Robot Pengganti Mahasiswa Dalam Prosesi Wisuda 2019/2020

Robot buatan tim Komunitas Robotik Fakultas Teknik UNJ yang digunakan dalam acara prosesi wisuda Semester Genap 112 Tahun Akademik 2019/2020 di kampus UNJ Rawamangun, Jakarta, Sabtu (21/11/2020). Wisuda UNJ Tahun Akademik 2019/2020 dilaksanakan secara langsung (LIVE) melalui aplikasi zoom dan kanal Youtube UNJ. (Humas dan Informasi Publik UNJ)

Acuantoday.com— Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggunakan robot sebagai pengganti mahasiswa dalam prosesi wisuda tahun akademik 2019/2020 dengan cara virtual (zoom dan youtube), Sabtu, demi menghindari keramaian dan kerumunan di tengah pandemi Covid 19.

Panitia wisuda UNJ Semester Genap 112 Tahun Akademik 2019/2020, Shandy Aditya, menyebut penggunaan robot yang dibuat sendiri oleh Tim Komunitas Robotik Fakultas Teknik UNJ dan para dosennya ini, menunjukkan kreativitas dan inovasi yang baik di bidang robotik.

Para Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam acara wisuda Semester Genap 112 Tahun Akademik 2019/2020 di kampus UNJ Rawamangun, Jakarta, Sabtu (21/11/2020). Wisuda UNJ Tahun Akademik 2019/2020 dilaksanakan secara langsung (live) melalui aplikasi zoom dan kanal Youtube UNJ. (Humas dan Informasi Publik UNJ)

“Kombinasi digital, menjaga jarak, serta robotik, konsep kekinian menjadi salah satu ‘milestone’ UNJ yang siap dengan kegiatan normal baru dan kami akan terus mengevaluasi dan berinovasi dalam kegiatan-kegiatan di masa mendatang” ucap Shandy dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu. Demikian dikutip Antara.

Lebih lanjut, Shandy mengatakan penggunaan robot pengganti mahasiswa ini juga dilakukan pada prosesi wisuda virtual Semester Genap 112 dan juga pada wisuda virtual Semester Genap 111 pada 20 Oktober 2020.

Wisuda virtual UNJ ini, kata dia, menandakan bahwa UNJ siap menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan juga siap untuk terus produktif serta inovatif di era pandemi Covid 19 seperti sekarang ini.

“Wisuda virtual UNJ menunjukkan bahwa Sumber Daya Manusia UNJ mampu beradaptasi cepat dalam mengakomodir wisuda yang sudah menjadi acara seremonial paling berkesan selama masa perkuliahan, namun harus beradaptasi dengan kondisi saat ini dan harus tetap berinovasi dalam penyelenggaraan wisuda agar kesan para wisudawan tetap dapat dikenang,” tutur Shandy.

Dari informasi yang didapatkan, Wisuda Virtual Kedua Tahun Akademik 2019/2020 untuk semester genap 112 Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini berlangsung pada Sabtu 21 November 2020 secara langsung (live) ​​​melalui aplikasi zoom dan kanal Youtube UNJ.

Mayoritas mahasiswa yang diwisuda, mengikuti prosesi tersebut melalui aplikasi zoom. Kemudian untuk prosesi membalikkan tali di topi toga, UNJ menggunakan robot yang didandani seperti mahasiswa.

Robot yang digunakan sebagai pengganti mahasiswa yang hadir secara virtual adalah sejumlah dua unit. Dua robot ini, menambah dua orang perwakilan mahasiswa dalam acara wisuda itu.***cit

Comments

comments