Usai Bom Bunuh Diri di Makassar, Polrestabes Semarang Tingkatkan Kewaspadaan

Kapolrestabes Semarang, Irwan Anwar menyebut pihaknya meningkatkan kewaspadaan setelah aksi bom bunuh diri di Makassar. Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Semarang – Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Semarang memperketat keamanan tempat ibadah di Semarang usai terjadi aksi bom bunuh diri yang terjadi di di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021) kemarin.

Hal ini dikatakan oleh Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar setelah melakukan apel terkait antisipasi paska aksi pengeboman yang dilakukan terorisme di Mapolrestabes Semarang, Senin (29/3/2021).

“Berkaitan dengan kejadian yang di Makassar, Kapolda Jawa Tengah sudah menginstruksikan kepada kami untuk menghadirkan kegiatan kepolisian di tengah masyarakat, termasuk disiplin aktivitas saudara Nasrani yang akan merayakan Pekan Palem dan Pekan Paskah,” ujar Irwan kepada awak media.

Pria yang kebetulan dari Makassar ini lantas menambahkan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan TNI untuk melakukan pengamanan dan di masing-masing tempat ibadah di Kota Semarang.

“Ada barkot yang sudah disiapkan kepada jemaah, jadi tidak semua orang boleh dan bebas masuk ke dalam gereja itu. Dan untuk jumlah sudah diatur sedemikian rupa dan kemudian untuk yang tidak tertampung akan dilaksanakan secara virtual perayaanya,” kata Irwan.

“Kami juga sudah mengimbau kepada pengurus gereja untuk melakukan mekanisme kegiatan yang tentunya menerapkan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Irwan juga menerangkan, setiap pengamanan pihaknya akan melakukan kegiatan patroli dan stasioner di tempat-tempat ibadah yang akan digunakan jamaah untuk perayaan Paskah.

“Stasioner itu kita tempatkan anggota-anggota di titik yang kita sudah tentukan. Kemudian pola patroli kita lakukan di tempat yang kami anggap rawan adanya tindakan dan pelanggaran hukum,” tandasnya.

Sementara itu, Irwan mengatakan, untuk mencegah terjadinya teror seperti di Gereja Katedral Makassar, pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait aktivitas di setiap tempat ibadah.

Pihak Polrestabes Semarang juga telah menyiapkan anggota untuk melakukan kegiatan intelijen guna mengantisipasi terjadinya aksi teror di Kota Lumpia.

“Melalui aparat intelijen dibantu dengan potensi masyarakat yang ada melakukan penyelidikan memastikan kejadian seperti yang terjadi di Makassar tidak terjadi lagi. Kami akan pastikan jangan sampai pola yang terjadi di Makassar terjadi di sini,” ucap Irwan

“Kita juga sudah lakukan sterilisasi tempat yang akan dijadikan pelaksanaan Paskah yang akan dilaksanakan pada hari Kamis ini,” pungkasnya. (alvin)

Comments

comments