Usai Unjuk Rasa Rusuh, Kawasan Malioboro Yogyakarta Bibenahi

Kondisi kawasan Malioboro Yogyakarta pada Jumat (9/10/2020), usai aksi massa penentang UU Cipta Kerja yang berujung rusuh pada Kamis (8/10/2020)/Foto:Antara
Acuantoday.com, Yogyakarta — Fasilitas umum di kawasan wisata Maliboro,Yogjakarta, yang rusak diamuk para demonstran Kamis (8/10) kemarin, mulai diperbaiki, Jumat (9/10).

“Perbaikan dan pembersihkan kawasan Malioboro dilakukan sejak semalam,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro, Ekwanto, sepertri dikutip Antara.

Dia menuturkan, pembersihan pedestrian kawasan Malioboro dilakukan bersamaan dengan pemolesan teraso pedestrian.

“Kebetulan akan ada kegiatan pemolesan teraso pedestrian, karena memang pedestrian ini sama sekali belum pernah dipoles sejak direvitalisasi,” katanya.

Fasilitas umum yang rusak antara lain sekitar 50 tempat cuci tangan dan sejumlah tempat sampah.

“Untuk bangku tidak ada kerusakan, tetapi ada beberapa tutup tempat sampah yang hilang, padahal baru saja kami perbaiki.” katanya.

Sebagian pedagang kaki lima saat ini belum berjualan, khususnya yang berada di bagian utara Jalan Malioboro.

“Sebenarnya tidak ada imbauan bagi PKL untuk tutup, tetapi pedagang berinisiatif untuk tidak berjualan dulu sembari menunggu perkembangan kondisi,” kata Ekwanto.

Seorang pedagang kaki lima di kawasan Malioboro Sogi Wartono, menyesalkan aksi massa yang semula berjalan damai kemudian rusuh.

“Banyak gelas, piring, sampai tempat duduk kami yang rusak atau hilang,” katanya. (Tina)

 

Comments

comments