PKB Minta Jokowi Perjelas Kepastian Reshuffle

Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Ma'ruf Amin./Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Elit Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Hakim menyarankan agar Presiden Joko Widodo perjelas waktu reshuffle jilid II yang makin ramai dibicarakan oleh publik.

“Bagi masyarakat dan negara, lebih penting mempertimbangkan perlunya segera ada kepastian,” kata Luqman Hakim kepada wartawan, Senin (19/4).

Menurut Luqman Hakim, isu reshuffle ini sudah menjadi konsumsi publik beberapa hari kemarin, hingga perlu adanya kejelasan dari Presiden Jokowi terkait waktu reshuffle. Pasalnya, isu reshuffle ini dipastikan akan mengganggu kinerja para Menteri yang disinyalir akan diganti.

“Dalam keadaan seperti ini, di mana rencana reshuffle sudah terbuka ke publik, jika berlama-lama, pasti akan mengganggu kinerja Menteri-Menteri. Kalau kinerja Menteri terganggu, yang rugi tentu Presiden dan rakyat,” ucapnya.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini menuturkan, pihaknya (PKB) tetap menghormati sikap Presiden Jokowi terkait reshuffle, karena hal tersebut adalah hak prerogatif Presiden. Namun, kata Luqman Hakim baiknya Presiden memperjelas waktu reshuffle itu.

“Reshuffle kabinet itu hak prerogatif Presiden, PKB menghormati apa pun keputusan Presiden. Jika Presiden memutuskan melakukan reshuffle, sebaiknya segera saja diumumkan agar ada kepastian,” jelasnya.

Luqman pun menepis adanya unsur desakan atau paksaan dari PKB kepada Presiden Jokowi untuk melakukan reshuffle. Namun, kepastian itu sangat baik untuk menguatkan soliditas kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Jadi PKB tidak dalam posisi mendesak Presiden agar melakukan reshuffle ya. Situasi negara saat ini membutuhkan kepastian dan soliditas kabinet,” tutupnya. (rht)

 

Comments

comments