Vaksinasi di Kota Bandung Selama Ramadan Jalan Terus

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana./Foto: Acuantoday.com (dila)

Acuantoday.com, Bandung―Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan program vaksinasi Covid-19 bagi para calon penerima tetap berjalan saat Ramadan.

Selama ketersediaan vaksin masih ada, kata Yana Mulyana, maka pada bulan Ramadan nanti Pemerintah Kota Bandung akan tetap melaksanakan penyuntikan vaksin Covid-19.

“Untuk itu saya meminta bagi warga Kota Bandung yang berkesempatan mendapat jadwal vaksinasi Covid-19 bisa mengikuti,” ujar Yana ketika dikonfirmasi, Selasa (6/4).

Lebih lanjut, Yana Mulyana berharap warga penerima tidak perlu merasa khawatir karena vaksin tidak membatalkan puasa sebab MUI telah mengeluarkan fatwa.

“Dalam fatwanya MUI menyatakan vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan dengan memperhatikan muslim yang sedang puasa,” ucap Yana.

Semakin banyak yang divaksin katakanlah 70 persen, lanjut Yana, itu bisa membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok yang akan melindungi semua orang.

“Kami meminta warga, toh ini juga untuk kepentingan orang banyak. Mudah-mudahan semakin mempercepat, karena secara teori vaksinasi ini harus cepat,” ungkapnya.

Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Bandung Rosye Arosdiani mengatakan untuk teknis pelaksanaan vaksinasi di bulan Ramadan secara teknis tidak ada perbedaan.

“Artinya, akan tetap dilaksanakan seperti vaksinasi di bulan-bulan biasanya. Kita dari Dinkes tetap menjadwalkan vaksinasi, tidak ada pembatasan sebetulnya” tutur Rosye. (dila)

Comments

comments