Vaksinasi Pedagang Pasar, Pemkot Bandung Tunggu Instruksi

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat diwawancarai awak media./Foto: Acuantoday.com (dila)

Acuantoday.com, Bandung―Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan saat ini masih menunggu instruksi resmi dan prosedur teknis terkait kegiatan vaksinasi Covid-19 yang menyasar pedagang pasar.

Meski begitu, Pemkot Bandung siap bila nanti Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan aturan mengenai program vaksinasi Covid-19, usai tenaga medis tuntas menerima vaksin.

“Kita (di Kota Bandung) ikut saja, kalau pedagang pasar jadi target lainnya untuk menerima vaksin Covid-19 pada dasarnya kita siap,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana kepada wartawan, Kamis (4/2).

Saat disinggung terkait pola yang akan diterapkan saat menggelar vaksinasi, Yana mengaku pihaknya perlu menunggu informasi.

Tapi, menurutnya, kemungkinan besar pelaksanaan digelar di area pasar.

“Kita perlu tahu detailnya. Setelah ada baru cari data para pedagang pasar dan akan kita ajukan. Atau bisa saja dari Kemenkes menetapkan kuota. Kita kan gak tahu dikasihnya berapa,” paparnya.

Lebih lanjut Yana menilai, pihaknya ikut mendukung program vaksinasi Covid-19 yang akan dilakukan kepada pedagang pasar pasca tenaga kesehatan (nakes) atau tenaga medis yang rentan terinfeksi.

“Sebab interaksi masyarakat saat ini lebih banyak di pasar. Kita di Pemkot Bandung akan segera membahas hal itu bersama jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) yang menjadi leading sectornya,” kata Yana.

Yana Mulyana mengaku.saat ini Pemkot Bandung baru menerima informasi awal bila program vaksinasi Covid-19 yang akan menyasar pedagang pasar akan dilakukan dengan cara mobile ke lokasi.

“Kelihatannya akan mobile datang ke pasar. Makanya perlu ada data berapa yang harus disasar di pasar, target berapa, petugas bisa datang?. Menurut Dirjen Kemenkes memang dilakukan mobile,” tandasnya. (dila)

Comments

comments