Viral Kasus Kristen Gray Soal Bali, NasDem Minta Imigrasi Jangan Kasih Kendor

Pantai Pandawa Bali/ Foto: Trivindo.com

Acuantoday.com, Jakarta―Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni nampaknya geram dengan postingan warga Amerika Serikat (AS) keturunan Afrika, Kristen Gray, yang menceritakan kehidupan di Bali dengan cukup murah dan nyaman melalui cara ilegal dan menghindari pajak.

“Ditjen Imigrasi jangan loyo dalam menangani kasus ini. Segera lakukan penyelidikan terkait berbagai potensi pelanggaran, seperti izin tinggal dan pajak,” kata Sahroni lewat keterangan tertulisnya, Selasa (19/1).

Menurut politisi Partai NasDem ini, Gray berpotensi melanggar protokol kesehatan dengan ajakan secara terbuk kepada orang lain, untuk itu perlu ditindak. 

“Selain itu, dengan mengajak orang lain pindah ke Bali, para turis ini juga berpotensi melanggar protokol kesehatan. Ini semua harus ditindaklanjuti,” ucapnya.

Sahroni jug menyebutkan, jika memang ada potensi pelanggaran hukum, maka para turis ini tidak boleh hanya dideportasi. Tetapi harus diproses hukum dulu di Indonesia.

“Terus kalau misalnya ada dugaan pelanggaran hukum, misalnya tidak bayar pajak, maka ya mereka harus diproses hukum dulu di Indonesia. Dimejahijaukan. Ini juga untuk menimbulkan efek jera supaya turis-turis lainnya juga taat hukum,” jelasnya.

Untuk pihak imigrasi, tegas dia, diminta segera berkoordinasi dengan pihak Kedubes AS yang ada di sini terkait kondisi hukum warganya. Kalau memang melanggar hukum ya harus ditindak tegas,” tutupnya.

Diketahui, tagar #Bali menjadi trending pada Minggu (17/1) usai Kristen Gray dengan akun twitter @kristentootie menjadi viral. Salah satunya mengajak orang asing pindah ke Bali saat pandemi Covid-19. (rht)

Comments

comments