Vitamin-vitamin yang Anda Perlukan Seiring Bertambahnya Usia

Ilustrasi vitamin--- sumber foto health.harvard.edu/

Acuantoday.com— Seiring bertambahnya usia menyebabkan kita kehilangan lebih banyak vitamin dan mineral daripada yang diserap. Sel-sel darah juga ikut menua. Ada sejumlah vitamin yang kita butuhkan untuk menggantikan vitamin dan mineral yang hilang.

Mengutip webmd.com, berikut ini adalah vitamin-vitamin yang kita perlukan seiring pertambahkan usia.

Kalsium— foto webmd.com

Kalsium

Seiring bertambahnya usia, Anda bisa mulai kehilangan lebih banyak mineral ini daripada yang Anda serap. Itu bisa membuat tulang Anda lebih mudah patah (osteoporosis), terutama bagi wanita setelah menopause. Kalsium membantu otot, saraf, sel, dan pembuluh darah Anda bekerja dengan baik. Wanita di atas 50 dan pria di atas 70 harus mendapatkan sekitar 20% lebih banyak daripada orang dewasa lainnya. Susu, yogurt, dan keju adalah sumber yang baik.

Steak– sumber gambar youtube The Stay At Home Chef

Vitamin B12

Ini membantu membuat darah dan sel saraf. Anda mendapatkannya secara alami dari makanan hewani seperti daging, ikan, telur, dan produk susu. Pil, suntikan, dan makanan “yang diperkaya B12”, seperti sereal sarapan, adalah sumber lain. Kebanyakan orang Amerika makan cukup, tetapi usia bisa mengubahnya. Hingga 30% orang di atas 50 tahun menderita gastritis atrofi, yang membuat tubuh Anda lebih sulit menyerapnya dari makanan. Antasid, beberapa obat, dan operasi penurunan berat badan dapat menyebabkan kekurangan vitamin B12.

Vitamin D

Tubuh Anda membutuhkannya untuk menyerap kalsium. Jadi bawa mereka bersama-sama untuk membantu mencegah osteoporosis. Vitamin D juga membantu otot, saraf, dan sistem kekebalan Anda bekerja dengan baik. Kebanyakan orang mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Tetapi tubuh Anda kurang mampu mengubah sinar matahari menjadi vitamin D seiring bertambahnya usia. Lebih sulit mendapatkan vitamin ini dari makanan, tetapi ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan sarden adalah sumber yang baik.

Vitamin B6

Tubuh Anda menggunakannya untuk melawan kuman dan menghasilkan energi. Ini juga membantu otak bayi tumbuh. Anda membutuhkan lebih banyak B6 seiring bertambahnya usia. Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara tingkat darah B6 yang tinggi pada manula dan daya ingat yang lebih baik. Tetapi vitamin tampaknya tidak meningkatkan kemampuan mental pada penderita demensia. Buncis adalah sumber yang mudah dan murah. Begitu juga dengan hati, ikan berlemak, dan sereal sarapan yang diperkaya.

Magnesium

Ini membantu tubuh Anda membuat protein dan tulang, dan membuat gula darah Anda stabil. Anda bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau. Tetapi orang tua cenderung makan lebih sedikit. Selain itu, mereka cenderung memiliki kondisi kesehatan jangka panjang atau mengonsumsi banyak obat, yang keduanya dapat membuat Anda kekurangan magnesium.

Probiotic–foto foto webmd.com

Probiotik

Bakteri “ramah” ini baik untuk usus Anda. Anda mendapatkannya dari makanan fermentasi seperti yogurt atau sauerkraut, atau dari suplemen. Mereka dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare atau sindrom iritasi usus besar, dan bahkan dapat melindungi dari alergi. Probiotik kemungkinan besar aman jika Anda sehat. Tetapi bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu jika Anda memiliki masalah medis atau sistem kekebalan yang lemah.

Omega3–foto webmd.com

Omega-3

Asam lemak ini disebut “esensial” karena tubuh Anda tidak dapat membuatnya. Mereka penting untuk mata, otak, dan sel sperma Anda. Mereka juga dapat membantu melindungi dari penyakit terkait usia seperti Alzheimer, artritis, dan degenerasi makula, yang dapat menyebabkan kebutaan. Kecuali jika dokter Anda mengatakan sebaliknya, yang terbaik adalah mendapatkan omega-3 Anda dari makanan seperti ikan berlemak, kenari, minyak canola, atau biji rami.

Zinc– foto webmd.com

Zinc

Banyak lansia Amerika tidak merasa cukup dengan mikronutrien yang kurang dihargai ini. Ini membantu indra penciuman dan perasa Anda, dan melawan infeksi dan pembengkakan – semua pekerjaan penting di tubuh yang lebih tua. Zinc juga dapat melindungi penglihatan Anda. Tiram merupakan sumber terbaik mineral ini. Jika tidak, Anda bisa mendapatkannya dari daging sapi, kepiting, dan sereal sarapan yang diperkaya.

Selenium—foto webmd.com

Selenium

Ini melindungi sel Anda dari kerusakan dan infeksi, dan membuat tiroid Anda bekerja dengan benar. Selenium juga dapat menjaga otot Anda tetap kuat, dan dapat membantu mencegah penyakit terkait usia seperti demensia, beberapa jenis kanker, dan penyakit tiroid. Hanya satu atau dua kacang Brazil sehari sudah cukup. Jangan berlebihan. Terlalu banyak selenium dapat membuat rambut Anda rontok dan membuat kuku Anda rapuh.

Kalium

Kalium berperan dalam hampir semua hal di dalam tubuh Anda, termasuk jantung, ginjal, otot, dan saraf. Ini juga dapat membantu melindungi terhadap stroke, tekanan darah tinggi, dan osteoporosis. Banyak orang Amerika tidak merasa cukup. Aprikot kering, pisang, bayam, susu, dan yogurt adalah sumber yang baik. Tanyakan kepada dokter Anda sebelum Anda mengambil suplemen. Mereka dapat mengganggu pengobatan untuk tekanan darah tinggi, migrain, dan kondisi lainnya.

Folat—foto webmd.com

Folat

Bentuk alami vitamin B9 ini ada pada sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan makanan lainnya. Wanita hamil mengonsumsi vitamin B9 buatan laboratorium yang disebut asam folat untuk membantu mencegah cacat lahir.

Folat membantu pertumbuhan sel dan dapat melindungi dari stroke dan kanker tertentu. Kebanyakan orang Amerika merasa cukup. Folat yang ditemukan dalam makanan aman. Tetapi terlalu banyak asam folat dari suplemen atau makanan yang diperkaya dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena kanker usus besar atau kerusakan saraf.

Serat–foto webmd.com

Serat

Anda mungkin tahu serat itu baik untuk Anda. Tapi tahukah Anda bahwa itu bahkan lebih penting seiring bertambahnya usia? Serat membantu melindungi dari stroke, membantu Anda buang air besar lebih teratur, dan menurunkan kolesterol dan gula darah – manfaat besar bagi tubuh lansia.

Wanita di atas 50 tahun harus mendapatkan setidaknya 21 gram sehari, sedangkan pria membutuhkan 30 gram, tetapi kebanyakan orang tidak mendapatkan sebanyak itu. Itu sama dengan sekitar 6-8 porsi biji-bijian, atau 8-10 porsi sayuran.***dian

Comments

comments