Wacana Reshuffle, Legislator PKB: Momen Evaluasi Seluruh Kementerian

Acuantoday.com, Jakarta―Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Faisol Riza menilai, isu reshuffle yang kian menguat di akhir tahun ini menjadi langkah tepat bagi Presiden untuk mengevaluasi seluruh kinerja kementerian di Kabinet Indonesia Maju. 

“Secara umum perlu kita bisa memberikan catatan tentang rencana presiden ke depan. Yakni di sektor kesehatan pasti masih menjadi prioritas, dan semua bermula dari titik ini. Semakin cepat membaik, maka semakin cepat juga ekonomi bergerak,” kata Faisol Riza kepada wartawan, Sabtu (19/12).

Menurut Faisol, kondisi ekonomi bangsa yang makin merosot akibat pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo perlu memilih orang-orang yang tepat untuk membantunya menghadapi resesi ekonomi dengan mengembangkan industri dalam negeri. 

“Upaya mengambil momen di tengah kemerosotan ekonomi global. Disini diperlukan orang2 kunci yang memahami betul bagaimana membantu presiden memperbesar likuiditas, mengembangan industri dalam negeri (termasuk UMKM-red) dan melakukan penetrasi pasar dengan cepat,” ucapnya. 

Atas dasar itu, Faisol menyarankan agar langkah evaluasi tidak terhadap kinerja bawahan Presiden tidak hanya pada dua sektor, yakni kesehatan dan ekonomi, tetapi secara keseluruhan. 

“Evaluasi pasti menyeluruh, tapi penekanan ke depan saya kira ini penting,” jelasnya.

Sebelumnya, kabar reshuffle Kabinet Indonesia Maju diprediksi akan terjadi pada akhir Desember 2020 atau di awal tahun 2021, pasca dua Menteri ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus. (rht)

Comments

comments