Wagub Minta BNNP DIY Bisa Perlihatkan Eksistensi

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X.

Acuantoday.com, Yogyakarta – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY diharapkan bisa lebih memperlihatkan eksistensinya di tengah masyarakat. Tujuannya agar keberadaan BNNP DIY lebih dikenal dan lebih dekat dengan masyarakat.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X saat menerima audiensi Kepala BNNP DIY Brigjen Pol Drs Nanang Hadiyanto, Senin (29/03), di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan Yogyakarta. Kedatangan Nanang Hadiyanto kali untuk berpamitan karena dipindahtugaskan ke Mabes Polri.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kerja keras Bapak selama bertugas di DIY. Dan kami berharap Bapak bisa menyampaikan kepada pengganti Bapak nantinya soal pentingnya sosialisasi keberadaan atau eksistensi dari BNNP DIY sendiri. Karena masih ada saja warga yang bertanya apa BNNP itu,” ujar Paku Alam X.

Ia berharap, dengan makin dikenalnya BNNP DIY oleh masyarakat, keterlibatan masyarakat dalam upaya preventif maupun pemberantasan narkoba di DIY dapat dirasakan. Menurutnya, pengawasan bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat semata, tapi masyarakat juga harus terlibat aktif.

“DIY yang wilayahnya kecil pun semuanya tidak mungkin jika hanya mengandalkan aparat. Apalagi akan lebih mantap kalau kita melakukan promotif dan preventif. Untuk itu peran warga sangat penting untuk saling menjaga. Soal penindak memang harus aparat,” katanya.

Sementara itu, Brigjen Pol Drs Nanang Hadiyanto juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemda DIY kepada BNNP DIY selama ini. Meski saat ini belum ada pengganti resmi dirinya, tapi ia meyakinkan jika BNNP DIY akan lanjut bertugas.

“Dari pengalaman kami berada di DIY selama delapan bulan ini, kami memang lebih banyak melakukan penangkapan, meski memang sifatnya pengembangan wilayah, sehingga dilakukan di daerah luar DIY, berkoordinasi dengan BNNP Jawa Tengah,” katanya. (Chaidir)

Comments

comments