Wajib Dibaca! Pengaruh Kopi pada Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

ILustrasi segelas kopi--foto wikipedia

Acuantoday.com— Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Faktanya, orang di seluruh dunia mengonsumsi hampir 19 miliar pound (8,6 miliar kg) kopi setiap tahun. Di sisi lain ada perdebatan yang tak berkesudahan tentang pengaruh kopi terhadap kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Misalnya, mereka yang menderita tekanan darah tinggi dan jantung, bolehkah mengkonsumsi kopi?

Berikut ini paparan healthline tentang pengaruh meminum kopi secara rutin pada kesehatan, termasuk pengaruhnya pada tekanan darah.

Dapat Meningkatkan Tekanan Darah Untuk Sementara

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi  dapat meningkatkan tekanan darah dalam waktu singkat setelah dikonsumsi.

Sebuah tinjauan dari 34 penelitian menunjukkan bahwa 200-300 mg kafein dari kopi – kira-kira jumlah yang Anda konsumsi dalam 1,5-2 cangkir – menghasilkan peningkatan rata-rata 8 mm Hg dan 6 mm Hg dalam tekanan darah sistolik dan diastolik, masing-masing.

Efek ini diamati hingga tiga jam setelah konsumsi, dan hasilnya serupa pada orang yang memiliki tekanan darah normal maupun yang sudah memiliki tekanan darah tinggi.

Menariknya, dampak terhadap tekanan darah tersebut tidak sama ketika kita mengkonsumsi kopi secara teratur. Ini mungkin disebabkan oleh toleransi kafein yang berkembang saat Anda biasa meminumnya.

Berdasarkan data ini, peningkatan tekanan darah kecil hingga sedang, dapat terjadi setelah minum secangkir kopi – terutama jika Anda jarang meminumnya.

Potensi Efek Jangka Panjang

Meskipun kopi dapat meningkatkan tekanan darah Anda untuk sementara setelah meminumnya, efek ini tampaknya tidak lama. Untuk orang dengan tekanan darah tinggi, penelitian saat ini menunjukkan bahwa konsumsi kopi setiap hari tidak berdampak signifikan pada tekanan darah atau risiko penyakit jantung secara keseluruhan.

Faktanya, kopi dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan

Untuk orang sehat, penelitian menunjukkan bahwa minum 3–5 cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan 15% risiko penyakit jantung dan risiko kematian dini yang lebih rendah.

Kopi mengandung banyak senyawa bioaktif yang diketahui memiliki efek antioksidan kuat dan dapat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh Anda.

Beberapa peneliti berteori bahwa manfaat kesehatan kopi mungkin lebih besar daripada potensi efek negatif kafein pada mereka yang meminumnya secara teratur.

Namun, lebih banyak penelitian diperlukan untuk lebih memahami bagaimana kopi memengaruhi kesehatan manusia dalam jangka panjang. Untuk saat ini, tampaknya sangat aman dan bahkan mungkin merupakan kebiasaan yang berguna untuk dimiliki.

Haruskah menghindari kopi jika mengalami tekanan darah tinggi?

Bagi kebanyakan orang, konsumsi kopi dalam jumlah sedang tidak mungkin memiliki efek signifikan pada tekanan darah atau risiko penyakit jantung – bahkan jika Anda sebelumnya telah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi.

Beberapa senyawa bioaktif yang ada dalam kopi mungkin menawarkan manfaat kesehatan, termasuk mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

Tentu saja, paparan kafein yang berlebihan tidak disarankan, terutama jika Anda sudah memiliki tekanan darah tinggi.

Jika Anda belum minum kopi secara teratur, Anda mungkin ingin menunggu sampai tekanan darah Anda terkendali sebelum menambahkan minuman ini ke rutinitas Anda, karena dapat meningkatkan tekanan darah Anda dalam jangka pendek.

Ingatlah bahwa makan atau minum terlalu banyak apa pun, dapat menyebabkan efek kesehatan yang negatif – tidak terkecuali kopi. Adalah penting untuk menjaga keseimbangan dalam gaya hidup dan kebiasaan makan Anda.

Aktivitas fisik teratur yang dipadukan dengan diet kaya buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian tetap menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan tekanan darah yang sehat dan kesehatan jantung.

Beberapa al yang perlu Anda catat, yakni, kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia tetapi disalahkan sebagai penyebab tekanan darah tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dalam jangka pendek. Namun, tidak ada hubungan jangka panjang dengan peningkatan tekanan darah atau risiko penyakit jantung yang ditemukan pada orang yang meminumnya secara teratur.

Sebaliknya, kopi dapat meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, minum kopi dalam jumlah sedang kemungkinan merupakan kebiasaan yang aman bagi kebanyakan orang.***dian

Comments

comments