Wali Kota Bandung Ajak Cendikiawan Aktif Tangkal Radikalisme

Wali Kota Bandung Oded M Danial saat berdialog dengan para cendikiawan muslim

Acuantoday.com, Bandung – Wali Kota Bandung Oded M Danial mengajak para cendekiawan yang ada di Kota Bandung bisa secara aktif menangkal isu radikalisme.

Menurut Oded M Danial, wawasan dan buah pemikiran para cendekiawan ini penting dalam menyebarkan pemahaman atau pandangan yang benar bagi masyarakat.”Isu radikalisme dimanfaatkan para oknum yang mengatasnamakan agama. Padahal perilaku tersebut sebagai cerminan tidak paham agama,” ungkap Oded, Senin (5/4).

Secara tegas Oded menyebut agama Islam menghadirkan kasih sayang bagi seluruh alam. Sehingga konsep saling menyayangi ini tanpa memandang golongan tertentu.”Islam agama rahmatan lilalamin. Kalua ada yang radikal itu oknum, bukan Islamnya. Islam itu tidak pernah kenal dengan radikalisme apalagi terorisme,” ujarnya.

Oded berharap para cendikiawan dapat mengambil peran untuk memberikan pemahaman utamanya terkait keislaman termasuk membuka wawasan masyarakat. “Sebagai komponen umat Islam, mari kita buktikan Islam itu bukan radikal. Islam itu lil alamin bukan hanya untuk manusia. Mari kita bersama membuktikan itu,” bebernya.

Terlebih Oded tidak memungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi saat ini turut dimanfaatkan oleh para oknum-oknum guna menyebarkan pemahaman radikalisme.  “Paham radikalisme ini darimanapun bisa datang. Tapi memang yang paling empuk itu dari internet. Makanya pandai-pandai menyaring soal informasi,” tandas Oded. (dila)

Comments

comments