Warga Dinar Indah Semarang Waspada Banjir Susulan

Kondisi Kawasan Dinar Indah, Semarang yang kemarin sempat banjir./Foto: Acuantoday.com (Alvin)

Acuantoday.com, Semarang―Warga Klaster Dinar Indah, Tembalang, Kota Semarang meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir susulan setelah Minggu (18/1) kemarin air menggenangi kawasan tersebut. 

Dari pantauan Acuantoday.com di lapangan, warga waspada lantaran cuaca pada Senin (18/1/21) masih mendung dan sedikit gerimis. Namun air saat ini sudah surut dan tidak menggenangi pemukiman warga. 

Saat ini warga dibantu personel BPBD, PMI, Damkar dan relawan masih membersihkan lumpur yang masuk ke area perumahan. 

Sejumlah armada berat seperti truck pun sebetulnya disiapkan, akan tetapi tidak bisa menjangkau kawasan tersebut karena permukaan tanah yang lembek membuat beberapa truck justru terperosok. 

Menurut Sardi selaku Ketua Kelompok Siaga Bencana Kelurahan Meteseh, sebagian warga yang sempat mengungsi sudah kembali dan membersihkan rumah masing-masing.

Sardi juga menerangkan hingga saat ini pembersihan lumpur baru sekitar 10 persen karena terkendala alat berat yang tak bisa masuk ke kawasan pemukiman. 

“Jalur masuk ada yang ambles jadi armada besar tidak bisa masuk. Yang bisa masuk Cuma armada keci,” tuturnya, Senin (18/1/2021).

BPBD yang bersiaga di lokasi pun saat ini sudah mempersiapkan karung berisi pasir untuk mengantisipasi banjir susulan karena pada Minggu petang kemarin banjir disebabkan karena robohnya tanggul di bantaran Sungai Pengkol. 

“Warga masih waspada cuaca tidak bersabahat. Pembersihan lumpur juga belum apa-apa baru 10 persen karena terkendala alat berat tidak bisa masuk,” lanjut Sardi. 

Pihak Kecamatan Tembalang sebagai perangkat pemerintah setempat juga sudah melakukan komunikasi dengan beberapa dinas terkait untuk menyiapkan alternatif penanggulangan banjir. 

“Tadi saya berkoordinasi dengan Dinas PU Kota Semarang untuk meminta meninggikan bronjong itu,” tandas Kusrin selalu Camat Tembalang. 

Ia juga melaporkan bahwa sudah ada bantuan dari Wakil Wali Kota Semarang, Herviarita Gunaryati Rahayu yang pada Senin pagi sudah meninjau lokasi untuk menyalurkan nasi bungkus dan pendirian dapur umum.

 “Tadi Bu Wakil (Wakil Wali Kota Semarang) sudah membantu nasi bungkus dan dapur umum,” pungkas Kusrin. (alvin)

Comments

comments