Warna Urine Gambarkan Kesehatanmu, Ini Rinciannya

Ilustrasi--sumber foto webmd

Acuantoday.com— Saat kita sedang sakit, salah satu cara
untuk menegakkan diagnosa suatu penyakit adalah dengan pemeriksaan
laboratorium. Salah satu pemeriksaan laboratorium yang sering dilakukan untuk screening adalah urine. Urine atau air seni adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh.

Dikutip dari webmd, warna urine bisa menjadi panduan yang menggambarkan kondisi kesehatanmu.

Bening

Jika urine Anda bening maka  mungkin kondisi Anda baik-baik saja. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin minum terlalu banyak air. Itu bisa menurunkan mineral dan garam esensial, seperti elektrolit. Ini juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan kimiawi dalam darah Anda.

Kuning pucat

Anda mungkin sehat dan minum cukup air jika warna kencing Anda seperti ini. Ingatlah bahwa Anda masih bisa sakit meski urin Anda terlihat normal. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda mengalami nyeri, demam, atau gejala tidak biasa lainnya, terutama jika berlangsung lebih dari beberapa hari.

Ilustrasi–sumber foto webmd.com

Kuning gelap

Ini mungkin normal, tetapi Anda mungkin perlu minum lebih banyak air secepatnya. Anda mungkin mengalami dehidrasi – atau hampir mendekati – setelah Anda mulai menuju warna coklat kekuningan atau kuning.

Kuning cerah

Apakah kencing Anda begitu kuning sehingga terlihat seperti lampu neon? Suplemen mungkin menjadi alasannya. Kencing Anda bisa mengubah warna ini jika Anda meminumnya dalam jumlah banyak, terutama vitamin B2, yang juga disebut riboflavin. Beberapa suplemen dapat menyebabkan masalah serius jika dikonsumsi terlalu banyak. Selalu beri tahu dokter Anda tentang suplemen apa pun yang Anda gunakan. Mereka dapat memberi tahu Anda berapa banyak – dan apa yang aman – untuk dikonsumsi.

Ilustrasi— sumber foto webmd.com

Orange

Terlalu banyak nutrisi tertentu, seperti vitamin C dan karoten, dapat menyebabkan warna ini. Begitu pula obat-obatan seperti phenazopyridine (membuat kandung kemih Anda mati rasa) atau antibiotik rifampisin. Saat Anda menderita penyakit hati, zat yang disebut bilirubin dapat menumpuk di urin Anda dan mengubahnya menjadi oranye.

Coklat Muda

Olahraga ekstrim atau berolahraga dalam cuaca yang sangat panas atau dingin dapat merusak serat otot. Itu rhabdomyolysis. Limbah dari kerusakan ini membuat kencing Anda berwarna kecoklatan atau warna teh. Urine berwarna coklat muda juga bisa menjadi tanda dehidrasi serius. Kondisi lain, seperti penyakit kuning, sindrom Gilbert (gangguan hati), dan penyakit ginjal atau gagal ginjal, juga dapat mengubahnya menjadi cokelat muda.

Coklat tua

Makanan seperti kacang fava dan rhubarb dapat menyebabkan kencing berwarna coklat tua, terutama jika Anda makan banyak. Ini juga bisa menjadi efek samping dari olahraga ekstrim dan menandakan masalah hati atau ginjal, seperti urin berwarna coklat muda. Obat antimalaria tertentu (chloroquine dan primaquine), antibiotik (metronidazole dan nitrofurantoin), methocarbamol (pelemas otot), atau pencahar dengan cascara atau senna dapat mengubah kencing Anda menjadi coklat tua juga.

Ilustrasi—sumber foto webmd.com

Merah atau Merah Muda

Pewarna makanan biasanya menjadi alasannya, tetapi bisa juga karena asparagus. Bakteri Pseudomona, yang menyebabkan infeksi saluran kemih, juga dapat mengubah warna kencing Anda menjadi hijau. Begitu juga dengan obat propofol.

Ilustrasi— sumber foto webmd.com

Hijau

Pewarna makanan biasanya menjadi alasannya, tetapi bisa juga karena asparagus. Bakteri Pseudomona, yang menyebabkan infeksi saluran kemih, juga dapat mengubah warna kencing Anda menjadi hijau. Begitu juga dengan obat propofol.

Ilustrasi– sumber gambar webmd.com

Biru

Tes yang menunjukkan seberapa baik ginjal dan kandung kemih Anda bekerja menggunakan pewarna yang mengubah warna kencing Anda menjadi biru. Obat-obatan seperti amitriptyline, indomethacin, cimetidine, dan promethazine dapat mengubahnya menjadi biru atau hijau kebiruan.

Berawan atau Putih

Mungkin ada terlalu banyak protein atau mineral tertentu dalam tubuh Anda, seperti kalsium atau fosfat. Anda mungkin merasa sakit jika mengalami infeksi saluran kemih atau mineral yang menumpuk menjadi batu kecil yang tersangkut di ginjal. Itu adalah batu ginjal. Minum lebih banyak air dan hubungi dokter Anda, terutama jika Anda menggigil dan demam.

Berbusa

Bisa saja kencing Anda yang terkena air. Tetapi Anda harus memberi tahu dokter Anda jika itu terjadi setiap saat. Mungkin ada terlalu banyak protein di tubuh Anda. Atau mungkin ada masalah dengan ginjal Anda. Itu juga bisa menandakan infeksi.***dian

 

Comments

comments