WHO Peringatkan Negara-negara yang Turun Kasus Covid19 agar Tetap Waspada

Seorang pejalan kaki berjalan melewati papan pemberitahuan keamanan di Munich, Jerman, pada 27 November 2020. (Xinhua/Philippe Ruiz)

Acuantoday.com— Negara-negara yang mencatat penurunan jumlah kasus Covid 19 masih harus tetap waspada. Demikian disampaikan seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (27/11).

“Meskipun jumlah kasus menurun, semua negara harus tetap waspada. Anda pernah mendengar pernyataan ini sebelumnya, namun kami benar-benar perlu menekankannya lagi. Anda tidak boleh lengah,” kata Maria Van Kerkhove, pemimpin teknis di Program Kedaruratan Kesehatan WHO, dalam sebuah konferensi pers virtual.

“Senang melihat sejumlah langkah mulai menunjukkan hasil dan penularan menurun. Namun, ini bukan saatnya untuk berhenti. Ini justru momen untuk meningkatkan upaya,” tambah Van Kerkhove.

Kasus Covid 19 di seluruh dunia telah menembus angka 61 juta dengan jumlah kematian mencapai 1,4 juta, menurut data terbaru dari Universitas Johns Hopkins.

Lebih lanjut Kerkhove memperingatkan, “Apa yang tidak ingin kita lihat adalah situasi Anda beralih dari apa yang disebut status karantina wilayah (lockdown) untuk mengendalikan virus ke apa yang disebut status lockdownlainnya.” ***dian/xinhua/ant

Comments

comments