Yogya Digegerkan Berita UGM Genting Covid-19, Hoaks?

Ketua Satgas Covid-19 UGM, Rustamadji,/Foto: Acuantoday.com (Chaidir)

Acuantoday.com, Yogyakarta―Dalam tiga hari ini, warga Yogyakarta digegerkan dengan pesan berantai melalui Whatsapp terkait situasi Covid-19. Isu yang merebak hingga Jumat (11/12) itu menyebut, pesan berisi situasi genting korona  di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Disebutkan, penulis pesan yang mengaku dari tim Satgas Covid-19 UGM itu, mengingatkan, warga yang berencana pergi ke Yogya untuk menunda keberangkatannya. 

Bahkan, dalam pesan tersebut dikatakan jika Satgas Covid-19 UGM kewalahan mengatur tempat isolasi mandiri bagi civitas UGM.

Pesan itu juga menyebutkan, jika saat ini telah dibuka satu asrama mahasiswa yang terdiri dari tiga lantai untuk keperluan isolasi mandiri bagi pasien tanpa gejala. Bahkan, dikatakan jika saat ini kondisi asrama telah penuh, sehingga saat ini tengah disiapkan apartemen UGM sebqgai cadangan.

Ketua Satgas Covid-19 UGM, Rustamadji, secara tegas membantah pesan tersebut dibuat oleh pihaknya. 

Dia bahkan menegaskan jika informasi tersebut merupakan hoaks dan tidak benar. 

“(Informasi) bukan dari kami, Satgas,” tegasnya, seperti dilaporkan kontributor Acuantoday.com dari Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya, Heroe Poerwadi, menegaskan, materi pesan berantai tidak jelas sumbernya. 

Pihaknya meminta dilakukan cek ulang dilakukan ke pihak UGM atau pengelola asrama terkait kondisi yang dituliskan dalam pesan berantai itu

Heroe menegaskan, sejauh ini tidak ada larangan  orang datang ke Yogya. 

Selain itu, tegas dia, kondisi kamar bagi pasien Covid-19 saat ini masih tersedia, begitu pula selter untuk pasien OTG masih tersedia tempat tidur. 

“Jadi kalo informasi tanpa jelas pengirimnya dan informasinya berbeda dengan kebijakan berarti hoaks,” tegasnya. (chaidir)

Comments

comments