― Advertisement ―

HomeNewsProses Verifikasi Pengumuman PPDB Jateng 2024 untuk SMA dan SMK

Proses Verifikasi Pengumuman PPDB Jateng 2024 untuk SMA dan SMK

Pengumuman hasil seleksi PPDB SMA dan SMK Jateng 2024 akan diumumkan pada hari ini, Senin (1/7/2024). Bagaimana cara untuk mengecek pengumumannya dan kapan waktu yang ditentukan untuk melakukan pendaftaran ulang?

Menurut informasi yang diambil dari laman PPDB Online Provinsi Jawa Tengah (Jateng), proses seleksi PPDB Jateng telah dimulai sejak tanggal 13 Mei 2024. Calon siswa mengikuti berbagai tahapan seleksi yang dimulai dari membuat akun dan verifikasi dokumen pada tanggal 11-24 Juni 2024 hingga masa tenang pada tanggal 28-30 Juni 2024.

Baca Juga: PPDB Jateng 2024: Jadwal, Kuota, Syarat dan Cara Daftar

Bagi calon peserta didik yang tengah mengikuti seleksi PPDB SMA dan SMK Jawa Tengah 2024, disarankan untuk segera memeriksa status mereka dalam seleksi tersebut, apakah sudah diterima atau belum. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengecek pengumuman PPDB Jawa Tengah 2024 untuk SMA dan SMK!

Cara Mengecek Pengumuman PPDB Jateng 2024

Agar dapat melihat hasil seleksi PPDB SMA dan SMK Jateng tahun 2024, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Buka situs web https://ppdb.jatengprov.go.id/#/ melalui perangkat yang dimiliki oleh peserta didik.
  2. Tentukan apakah seleksi PPDB untuk tingkat SMA atau SMK.
  3. Pilih jalur seleksi yang akan diikuti. Untuk tingkat SMA, tersedia zonasi reguler, zonasi khusus, zonasi afirmasi, jalur perpindahan orang tua, atau jalur prestasi.
  4. Setelah itu, tekan opsi “Lihat Hasil Seleksi” yang berwarna biru di kolom Peserta.
  5. Selanjutnya, klik “Pilih Sekolah” untuk melihat pengumuman di sekolah yang dipilih.
  6. Tunggu hingga data peserta didik muncul di layar.
  7. Selesai.

Metode ini juga bisa dipakai untuk memeriksa hasil seleksi PPDB SMK Jateng 2024. Perbedaannya, proses seleksi untuk SMK meliputi afirmasi, prestasi, kedekatan domisili, dan prestasi khusus.

Selain itu, dikabarkan di halaman PPDB Online Jateng, pemberitahuan tentang hasil seleksi PPDB untuk SMA dan SMK Jateng tahun 2024 akan diumumkan selama 24 jam dengan batas waktu paling lambat pukul 23.55 WIB.

Jadwal Pendaftaran Ulang PPDB SMA dan SMK di Jawa Tengah Tahun 2024

Setelah mengetahui hasil seleksi untuk penerimaan peserta didik baru SMA dan SMK melalui PPDB, para peserta yang berhasil lolos seleksi sebaiknya memperhatikan jadwal pendaftaran ulang yang harus diikuti. Hal ini dikarenakan pendaftaran ulang di sekolah yang telah menerima calon peserta didik baru merupakan kewajiban yang harus dipenuhi.

Jadwal pendaftaran ulang untuk calon siswa SMA dan SMK di Jawa Tengah adalah seragam. Jadwal yang sama juga berlaku untuk semua jalur seleksi berikut ini:

  • Pendaftaran ulang untuk PPDB SMA dan SMK Jateng 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 3-12 Juli 2024 di sekolah yang telah menerima calon peserta didik.

Pengumuman Peserta Cadangan untuk Pendaftaran Peserta Didik

Untuk pendaftaran peserta didik cadangan, pengumuman hasil seleksi akan diumumkan secara online pada tanggal 15 Juli 2024. Sementara itu, proses daftar ulang bagi calon peserta didik cadangan akan dilakukan pada tanggal 16-17 Juli 2024.

Kapan Tanggal Pertama Masuk Sekolah Tahun 2024?

Menurut informasi yang sama, setelah melalui semua tahapan seleksi untuk PPDB SMA dan SMK di Jawa Tengah tahun 2024, peserta didik yang dinyatakan diterima dan telah mendaftar ulang akan mulai memulai pendidikannya di sekolah baru pada tanggal 22 Juli 2024. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jadwal masuk sekolah untuk SMA dan SMK pada tahun ajaran baru 2024/2025 di Jawa Tengah:

  • Tanggal pertama masuk sekolah: 22 Juli 2024

itu penjelasan tentang metode untuk memeriksa pengumuman PPDB SMA dan SMK Jateng tahun 2024. Semoga informasi ini dapat berguna!